Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalau ke Jambi, Jangan Lupa Beli Keramik

Kompas.com - 29/11/2011, 09:59 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

KOMPAS.com - Jika Anda tengah berada di suatu daerah, jangan lupa membeli oleh-oleh untuk kerabat atau orang terdekat sebagai simbol kasih. Di Jambi, ada banyak pilihan buah tangan yang bisa anda bawa. Salah satunya adalah keramik yang terletak di Jl. Sisingamangaraja, belakang Bioskop Mega, Pasar Jambi. Tempat tersebut merupakan sentra penjualan segala jenis keramik impor berbentuk toples, gelas, piring, guci dan sebagainya.

Meskipun disebut pasar, jangan khawatir untuk masalah kualitas, tempat yang lebih terkenal dengan nama Gang Mega tersebut diakui banyak pengunjung memiliki selera pasar luar negeri, hal tersebut dibuktikan dengan keunggulan motif dan tampilan yang berbeda dibandingkan keramik lainnya, bahkan seperti di Jakarta sekalipun.

Solihin, seorang penjual mengatakan pembeli yang datang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan mancanegara. Yang unik, sembilan toko yang ada di lorong pasar Jambi tersebut merupakan usaha keluarga yang diurus oleh tiga orang. Bahkan menurut Solihin, pasar tersebut sudah ada sejak tahun 1980an. Karena dirasa sukses, usaha penjualan keramik impor tersebut diteruskan ke generasi generasi selanjutnya. Oleh sebab itu, pasar keramik tersebut menjadi salah satu ikon destinasi pusat cenderamata Jambi.

Sentra keramik Jambi ini selalu ramai didatangi oleh pengunjung, apalagi pada saat hari raya agama dan tahun baru. Di hari biasa, satu toko bisa beromset Rp 50 juta per bulan dan melonjak dua kali lipat pada perayaan agama dan tahun baru. Jambi merupakan kota yang sektor pariwisatanya tengah berkembang, dengan terus memperhatikan unsur-unsur didalamnya, salah satunya pasar keramik ini, diharapkan menjadi penunjang bagi perkembangan potensi pariwisata Kota Jambi. Dengan demikian, Jambi dapat tampil menjadi salah satu destinasi wisata pilihan di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com