Minggu, 26 Oktober 2014
AKSESORIS
"Step Nosing", Agar Aman Meniti Anak Tangga
Penulis : Natalia Ririh | Senin, 28 November 2011 | 20:12 WIB
|
Share:
shutterstock
Selain berfungsi sebagai antiselip, step nosing juga berfungsi menjaga kemungkinan pinggiran anak tangga itu melukai penggunanya.

KOMPAS.com - Istilah step nosing sering diucapkan saat membahas mengenai tangga. Tak pelak, memang, karena bagian ini menyangkut keamanan.

Memang, bahaya sering mengintai di saat orang sedang naik atau menuruni tangga akibat tergelincir bidang yang licin pada bagian yang menyiku pada anak-anak tangga. Biasanya, untuk mencegah kecelakaan tersebut, pada tepi anak tangga diberi pengaman berupa lapisan yang permukaannya bergerigi atau berstektur kasar agak licin. Bagian pinggir dari pijakan tangga inilah yang disebut nosing (hidung) atau lengkapnya step nosing.

"Selain berfungsi sebagai antiselip, step nosing juga berfungsi menjaga kemungkinan pinggiran anak tangga itu melukai penggunanya," kata Devy Anggraeni dari Principal Indesign Domus, sebuah perusahaan bidang desain interior di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Material step nosing bermacam-macam, ada yang terbuat dari material yang sama dengan material penutup pijakan tangga, misalnya keramik, granit atau marmer, kemudian permukaannya digerinda membentuk tekstur atau guratan kasar. Saat ini, pemain industri penutup lantai juga sudah menyediakan step nosing dalam berbagai warna dengan tekstur dan membentuk pola tertentu untuk menambah keindahan tangga.

Sementara itu, jika menggunakan parket, baik kayu maupun laminated, biasanya produsen parket telah menyediakan step nosing dengan warna yang sesuai. Hanya, bahan parket tidak dapat dibuat kasar, melainkan ujungnya dibuat tumpul.

Selain itu, saat ini juga tersedia step nosing dari bahan karet, alumunium, vinil, atau kertas. Menurut Muchtar Syarif, pemilik Toko Satyawiguna di Tangerang yang menjual berbagai macam step nosing, bahan karet, alumunium atau kertas lebih mudah disesuaikan dengan jenis dan warna pijakan anak tangga, apapun jenisnya, termasuk granit, marmer, bahkan parket. (Puspita Dewi)


Editor :
Latief