Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsentrasi ke Jendela!

Kompas.com - 28/11/2011, 16:39 WIB

KOMPAS.com - Selain sirkulasi, jendela tetap menjadi bagian yang tak bisa luput dari perhatian, terutama sebagai komponen penting yang mendukung keindahan di rumah Anda.

Bagi Anda yang akan atau sedang membangun rumah, berikut referensi jenis jendela yang mungkin menarik hati untuk diterapkan:

Double hung window

Jendela ini terdiri dari dua daun yang disusun vertikal dan dioperasikan dengan menggeser salah satu daun jendela secara vertikal. Cara buka seperti ini memungkinkan 50 persen dari bagian double hung window untuk dibuka lebar dan dijadikan pintu keluar-masuknya udara. Untuk menambah kapasitas bukaan sampai 100 persen, Anda bisa membuat semacam rongga di atas atau bawah jendela.

Sliding window

Sesuai namanya, sliding window atau jendela geser dibuka tutup dengan cara digeser secara horizontal. Untuk mengoperasikannya dibutuhkan rel pada bagian atas dan bawah kusen jendela.

Tipe jendela ini bisa terdiri atas dua daun jendela atau lebih. Jendela geser dengan dengan dua daun jendela ini mampu menyediakan 50 persen bukaan. Semakin banyak daun jendela yang dimiliki dalam sistem ini, semakin besar pula kapasitas bukaan yang didapat.

Awning dan Hopper

Jendela tipe ini memiliki prinsip kerja mirip dengan jendela ayun. Hanya saja, sisi jendela yang dikaitkan adalah sisi atas atau bawahnya.

Jendela bagian atasnya dikaitkan disebut awning, sedangkan hopper adalah istilah untuk jendela yang bagian bawahnya dikaitkan. Yang membedakan kedua tipe jendela ini adalah arah bukaanya. Jika awning dibuka ke luar, hopper dibuka ke dalam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com