Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Anda Sadar, Rumah Semakin Berantakan....

Kompas.com - 25/11/2011, 14:21 WIB

KOMPAS.com - Sibuk bekerja terkadang membuat Anda menomorduakan kegiatan merapikan rumah. Ketika memiliki waktu luang, Anda akan menyadari, bahwa mungkin rumah dalam kondisi penuh sesak barang-barang, tidak rapi, dan berantakan.

Untuk merapikannya, Anda bisa memulainya secara bertahap dari satu ruang ke ruang lainnya. Langkah pertama bisa Anda coba awali dari kamar tidur, kemudian ke ruang tamu atau ruang keluarga, masuk ke dapur, selanjutnya ruang makan, kamar mandi, tak lupa gudang.

Kamar tidur

Di ruangan ini, lemari pakaian adalah tempat yang sebaiknya dibersihkan pertama kali. Bisa dilihat, ada kemungkinan isinya berantakan karena Anda terburu-buru saat mengambil baju. Atau, lemari tampak penuh dengan baju-baju lama. Untuk itu, ada baiknya Anda kembali memilah pakaian yang tak lagi dipakai agar lemari tampak lega.

Selain lemari, meja rias juga penting dibersihkan. Biasanya, karena saking terburu-buru, sisa-sisa kosmetik akan berjatuhan di meja dan meninggalkan noda.

Ruang keluarga

Di ruangan ini, pembersihan wajib dilakukan pada area yang kerap diduduki, misalnya sofa atau karpet. Biasanya, akan ada remah-remah makanan atau noda yang tersisa.

Bersihkan karpet dengan penyedot debu agar kembali nyaman diduduki. Bila ruangan ini juga dijadikan sebagai tempat menyimpan majalah, surat kabar, atau kertas-kertas kerja, rapikan kembali dan susun dengan rapi. Majalah lama dan koran bekas dapat Anda sumbangkan ke tukang loak.

Dapur dan ruang makan

Area ini bisa sangat kotor, apabila tak sempat dibersihkan setiap hari. Bersihkan kompor, rak berisi peralatan makan, tempat penyimpanan makanan, serta lemari es.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com