Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Hujan, Perhatikan "Musuh-musuh" Kayu di Rumah!

Kompas.com - 23/11/2011, 09:57 WIB

KOMPAS.com - Materi kayu sulit dipisahkan dari sebuah bangunan. Mulai dari konstruksi bangunan hingga perabot, memakai materi kayu memang menghadirkan kesan membumi.

Namun, kayu sangat sensitif terhadap perubahan cuaca dan serangan rayap. Apalagi, jika pengolahan kayu dan tata letaknya kurang matang. Kehadiran kayu justru mengakibatkan penampilan rumah tampak buruk. Untuk itu, agar kayu dapat berfungsi maksimal, beberapa hal di bawah ini perlu Anda jadikan perhatian:

Jenis kayu

Anda bisa memulainya dengan memilih kayu yang tahan banting terhadap cuaca dan rayap. Jenis kayu yang memiliki kriteria seperti ini adalah kayu jati, eboni, besi atau ulin, damar laut, bangkirai dan merbau.

Kadar air

Pastikan kadar air yang terkandung di dalam kayu serendah mungkin. Kandungan air yang tinggi menyebabkan kayu mudah memuai, susut, bahkan retak-retak. -

Antirayap

Selanjutnya, Anda perlu melakukan proses finishing dan pelapisan dengan zat antirayap. Bila ingin memperoleh tekstur permukaan yang baik, Anda bisa memakai pelitur atau vernis. Anda juga juga bisa mengecatnya dengan cat katu

Lingkungan

Untuk merawat furnitur kayu, Anda tidak cukup hanya mengelap atau membersihkan permukaannya. Perhatian Anda terhadap lingkungan tempat furnitur kayu itu diletakkan diharapkan dapat menunjang furnitur kayu berumur panjang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com