Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Main-main, Perhatikan Letak Pintu dan Jendela!

Kompas.com - 22/11/2011, 19:34 WIB

KOMPAS.com - Mengatur ulang ruangan bisa jadi memberi efek positif, yakni tampilan segar yang membuat nyaman seluruh penghuni rumah. Salah satu catatan penting saat Anda melakukannya adalah memperhatikan letak pintu dan jendela.

Menurut Keiza Amorani dalam bukunya "Ide-Ide Segara Menata Rumah", sebaiknya bukaan pada pintu dan jendela jangan terhalang lay out baru. Hal itu tentu akan mempengaruhi sirkulasi udara dan akses keluar masuk. Agar tepat saat mengatur ulang ruangan, berikut saran-saran Keiza:

- Buat daftar barang-barang berukuran besar yang ada di rumah Anda. Tentukan, mana yang akan tetap digunakan dan yang akan diperbarui ulang, atau manakah yang akan Anda simpan di gudang.

- Buatlah daftar barang baru yang ingin Anda tambahkan. Lalu, mulailah membuat sketsa di secarik kertas di mana Anda akan meletakkan semua barang tersebut. Ingatlah, ukur semuanya terlebih dahulu agar ruangan tetap terasa lega.

- Pindahkan furnitur berukuran besar terlebih dulu. Jika selama ini Anda meletakkan sofa dekat ke dinding, cobalah tata ulang baru dengan meletakkan sofa di tengah ruangan atau dekat jendela. Perubahan ini otomatis akan membuat rumah tampak lebih segar. Setelah selesai dengan perabot besar, masukkan furnitur baru.

- Terakhir, selesaikan dengan menambahkan detail interior dan ingatlah untuk selalu memberikan jarak sirkulasi yang cukup antarperabot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com