Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondotel Masih Didominasi Pasar Domestik

Kompas.com - 19/11/2011, 19:47 WIB
Brigita Maria Lukita

Penulis

TABANAN, KOMPAS.com -  Pasar kondotel di Bali masih didominasi oleh investor domestik. Kekuatan wisatawan domestik juga menjadi salah satu penopang investasi kondotel terus tumbuh.

Hal itu dikemukakan Presiden Direktur Bakrieland unit usaha Hotel & Resorts Marudi Surachman, di sela-sela peluncuran Kondotel Eaton Luxe Nirwana Bali dilaksanakan di Tabanan, Bali, Sabtu (19/11/2011).

Kondotel Eaton Luve, Nirwana Bali, yang diluncurkan PT Bakrieland Development Tbk akan dikelola oleh Langham Hospital Group.

Proyek kondotel bertaraf bintang empat plus itu memberikan jaminan pengembalian sewa kepada pemilik sebesar 40 persen dari total nilai investasi dalam 5 tahun pertama.

Marudi Surachman, mengemukakan, pertumbuhan turis domestik di Bali saat ini lebih besar dari mancanegara. Kekuatan turis domestik ini merupakan peluang besar untuk pertumbuhan bisnis kondotel, dimana tidak seluruh konsumen itu membutuhkan hotel bintang lima.

Chief Marketing Officer Hotel Development Bakrieland unit usaha Hotels and Resorts Deden Sudarbo menambahkan, sekitar 80 persen dari target pasar investasi kondotel itu adalah investor domestik. Pasar utama investor domestik di antaranya Jakarta, Bandung, dan Makassar.

Jumlah kunjungan wisata ke Tabanan mencapai 1,7 juta orang per tahun. Pengembangan wisata ke daerah yang terus berkembang sangat potensial. Eaton Luxe dibangun pada area seluas 20.000 meter persegi, dengan total 178 unit, terdiri dari 133 unit standar, 24 unit satu kamar, 21 unit dua kamar. Luas unit mulai dari 48 meter persegi (m2)-251 m2.

Harga jual rata-rata Rp 24 juta per m2. Kondotel yang dibangun pada areal seluas 2 hektar ini menawarkan pemandangan lahan sawah dan area golf dengan dilengkapi taman vertikal. Investor unit kondotel memperoleh hak menginap selama 21 hari.

Proyek itu rencananya dibangun mulai Februari 2012 dan tuntas pada awal tahun 2014. "Eaton Luxe akan melengkapi Bali dengan kehadiran kondotel untuk tujuan bisnis maupun liburan," ujar Marudi.

Wakil Presiden Brand Langham Hospitality Group Paul Waters mengemukakan, pihaknya tertarik menjadi operator Kondotel Eaton Luxe di Nirwana Bali karena destinasi wisata yang masih tinggi di Bali. Kunjungan wisatawan yang tinggi merupakan prospek untuk pengembangan bisnis kondotel dan hotel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com