Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KONSULTASI FENGSUILinda Kho
Linda Kho, belajar feng shui secara otodidak mulai tahun 2002. Lalu belajar feng shui dari Master Vincent Koh (Singapura).

Terlanjur Memilih "20-11-2011"?

Kompas.com - 18/11/2011, 10:45 WIB

Oleh Linda Kho

KOMPAS.com - Bagaimana Anda melihat "20-11-2011" sebagai hari paling istimewa seperti yang kini masih dibicarakan orang setelah "11-11-2011" lalu? Apa saja kebaikan dan keburukannya di tanggal itu?

Sebagaimana telah diungkapkan sebelumnya, bahwa hari yang bagus menurut ilmu metafisika China adalah hari yang memiliki elemen tanpa konflik (clash). Dua hari lagi, tepatnya 20 November 2011, elemen batang langitnya adalah Tanah Yin, sementara elemen cabang buminya adalah Kayu Yin. 

Hubungan antara Tanah dan Kayu, adalah hubungan clash atau konflik. Artinya, energi langit dan bumi saling merusak. Sehingga, secara umum dikatakan tanggal tersebut kurang baik untuk hari pernikahan.

Sementara sebagai tanggal lahir, ada beberapa hal dapat disimpulkan. Pertama, tanggal lahir tersebut secara umum baik untuk bayi perempuan, namun kurang baik untuk bayi laki-laki, terutama untuk keharmonisan rumah tangganya kelak. Kedua, seseorang yang dilahirkan pada tanggal tersebut kelak akan didominasi oleh pasangannya. Jika salah memilih pasangan hidup, maka dia akan "tertindas" dalam pernikahannya.

Lebih lanjut, jika diketahui data jam lahirnya, maka dapat dianalisis lebih mendalam tentang berbagai aspek kehidupan. Pada masalah kesehatan, misalnya. Seseorang yang dilahirkan pada tanggal tersebut, yaitu antara jam 07.00 sampai 09.00 pagi, cenderung mengalami gangguan organ pencernaan karena elemen Tanah sangat dominan.

Gangguan lainnya juga ada, sebutlah misalnya gangguan organ ginjal, tiroid, telinga, kandung kemih, serta organ seks. Gangguan itu terjadi akibat elemen Air sangat lemah atau terjepit.

Bijaksana menyikapi

Baik dan buruknya sebuah hari untuk pernikahan, kiranya tak perlu dijadikan faktor penentu utama kelanggengan sebuah pernikahan. Banyak orang berpendapat, jika menikah di hari yang jelek, pernikahan tidak akan bertahan lama. Benarkah?

Anggapan tersebut, tentu saja, tidak benar. Pemilihan hari baik untuk pernikahan hanya relevan pada hari "H" tersebut. Jika hari yang dipilih kurang baik atau clash, baik antarenergi pada hari tertentu atau pun antarenergi hari dengan energi seseorang atau shio, dikhawatirkan akan terjadi masalah dalam kelancaran proses pernikahan mereka. Istilahnya, ada saja yang salah.

Maka, jika memang sudah terlanjur menetapkan tanggal tersebut sebagai hari pernikahan, koordinasi atau persiapan pernikahan harus lebih cermat dan matang. Sementara sebagai hari kelahiran, Anda sebaiknya tidak memaksakan diri melahirkan pada tanggal tersebut. Jika memang sengaja ingin mengatur hari kelahiran, seperti melalui operasi Caesar, sekalian saja pilih tanggal yang memang benar-benar "baik" berdasarkan analisis tepat.

Satu hal, jangan asal memilih tanggal hanya karena mudah diingat atau istimewa. Misalnya, kelahiran seseorang dibiarkan secara alami tidak dengan sengaja memilih tanggal, maka anggap saja melahirkan pada tanggal "cantik" merupakan sebuah anugerah, tidak perlu dipermasalahkan lagi kebaikan maupun keburukannya. Jadi, biarkan takdir yang berbicara.

Penulis adalah praktisi feng shui www.fengshuikita.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com