Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2012, Anggaran Rumah Murah Rp 700 Miliar

Kompas.com - 17/11/2011, 10:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) menyatakan serius untuk mensukseskan program rumah murah. Hal tersebut ditunjukkan salah satunya dengan menganggarkan Rp 700 miliar pada 2012 mendatang khusus untuk program ini.

Tahun ini, anggaran Kemenpera untuk program rumah murah sebesar Rp 300 miliar untuk membangun sekitar 10.650 unit rumah yang tersebar di beberapa lokasi di Indonesia. Sedangkan untuk 2012 mendatang, Kemenpera mengalokasikan anggaran dua kali lipatnya, yakni sekitar Rp 700 miliar. Dana tersebut rencananya digunakan untuk membangun rumah sebanyak 19.342 unit.

"Salah satu hal penting dalam program ini adalah masalah penyediaan tanah. Di Kupang sendiri tanahnya sudah disediakan oleh Pemda setempat. Hal inilah yang perlu dicontoh oleh Pemda lainnya," kata Menpera Djan Faridz saat melakukan peninjauan langsung ke lokasi pembangunan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Desa Tanah Merah, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Selasa (15/11/2011) lalu.

Kemenpera dalam pelaksanaan program ini memerlukan campur tangan Pemda untuk penyediaan lahan serta mempermudah perizinan pembangunan rumah murah ini. Program rumah murah telah berjalan dan dilaksanakan di sejumlah daerah seperti di Balikpapan yang dibangun oleh pengembang yang tergabung dalam Apersi sebanyak 1.000 unit.

Sejauh ini, Pemda yang telah menyediakan lahan untuk pembangunan rumah murah antara lain Pemda Kendari dengan membangun rumah murah untuk PNS berjarak 7 km dari Kantor Gubernur, sementara Pemda Kupang, NTT, juga membangun rumah untuk 700 PNS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com