Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inspirasi Simpel untuk Ruang Tamu Mungil (2)

Kompas.com - 16/11/2011, 11:46 WIB

KOMPAS.com - Ruang tamu yang menyatu dengan ruang makan adalah ajang yang tepat untuk memainkan warna. Selain menambah nilai ruang, permainan warna dapat menjadi pembatas maya dan pembeda ruang tamu dengan ruang-ruang lainnya.

Karena berbatasan langsung dengan ruang makan, ruang tamu mesti dibuat berbeda dengan ruang makan yang, misalnya didominasi warna coklat kayu. Untuk itu, desainer harus membalut ruang tamu dengan warna-warna cerah, yakni kuning dan biru.

Namun, perlu diingat, bahwa walaupun cerah, warna-warna ini cenderung gelap sehingga mesti hati-hati mengaplikasikannya. Ruangan tertutup dan kurang cahaya sebaiknya menghindari warna-warna ini, karena bisa membuat ruang jadi terasa menekan.

Selain menggunakan warna cerah, ruang tamu juga bisa dibuat dengan kombinasi warna natural. Warna natural ini biasanya diambil dari warna-warna alam, misalnya coklat, krem, atau putih.

Penggunaan warna putih sangat diperlukan untuk mengimbangi warna coklat yang gelap. Warna putih bisa memantulkan cahaya sehingga ruangan akan terlihat lebih luas dan lebih terang.

Namun, jika enggan menggunakan warna putih karena takut kotor, Anda juga bisa menggunakan warna lain yang sifatnya terang namun masih bersifat natural, seperti krem muda atau hijau muda.

Sebagai penyegar, Anda bisa meletakkan lukisan-lukisan bernunsa modern atau tradisional di dinding ruang tamu. Untuk warnanya, tetap dipilih yang sifatnya kalem dan natural, seperti coklat, hijau, atau biru laut. (Rahma Yulianti)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com