Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inspirasi Simpel untuk Ruang Tamu Mungil (1)

Kompas.com - 15/11/2011, 16:22 WIB

KOMPAS.com - Semakin jarangnya tamu berkunjung ke rumah membuat beberapa orang meniadakan ruang tamu dari layout rumahnya, dan menggantikannya dengan ruang keluarga. Namun, bagi sebagian orang lainnya, ruang tamu tetap bagian terpenting karena konon ruang ini merupakan ruang pertama yang bisa mencerminkan karakter si pemilik rumah.

Di rumah mungil, ruang tamu tentunya juga berukuran kecul. Karenanya, jangan memenuhi ruang tamu dengan banyak furnitur. Gunakan furnitur yang memang diperlukan. Anda cukup menyediakan dua buah sofa 2 dudukan, satu sofa 1 dudukan, dan meja. Lain soal jika ruangan Anda masih tersisa space. Anda bisa menambahkan dengan credenza dan meja sudut.

Anda pun sebaiknya tidak memanfaatkan sofa berukuran besar. Sofa yang terlalu besar dan banyak membuat ruang semakin sempit dan sesak.

Lalu, di mana sebaiknya sofa diletakkan?

Agar ruang terlihat lega dan kalau memang memungkinkan, Anda bisa menempatkan kedua sofa dengan cara menyandarkannya ke dinding. Sebaliknya, jika tidak memungkinkan, cukup sandarkan salah satu sofa yang ukurannya paling besar. Hal terpenting adalah, peletakan tidak mengganggu alur sirkulasi dari pintu masuk ke ruang-ruang lainnya.

Sementara itu, untuk menciptakan gaya yang sedikit beda, Anda bisa menggunakan dua buah sofa berbeda. Beda dalam artia bisa berbeda bentuk, desain, ataupun warna.

Untuk menjembatani perbedaan kedua sofa itu, Anda bisa benang merah di antara keduanya. Benang merah itu biasanya berupa warna. Untuk menjembatani perbedaan itu, di atas sofa bisa Anda letakkan bantal kursi atau dudukan yang warnanya sama dengan warna sofa yang satunya.

Bagaimana menurut Anda?

(Rahma Yulianti)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com