Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Referensi Tanaman Rambat yang Memikat

Kompas.com - 26/10/2011, 14:32 WIB

KOMPAS.com - Demi estetika pada huniannya, banyak orang mencari tanaman merambat sebagai pemanis sekaligus pendukung pagar. Bila Anda salah satunya yang tengah mencari, 10 referensi tanaman rambat ini bisa dijadikan pilihan:

Melati Costa (Brunfelsia africana)

Tanaman ini ada yang menyebut sebagai yesterday, today, atau tomorrow karena perubahan warna bunganya. Begitu mekar berwarna ungu, kemudian memudar menjadi putih.

Bunganya semarak, sehingga cocok diletakkan di dekat pintu rumah atau jendela. Tinggi tanaman ini antara 2 - 5 meter. Keluarga dekatnya adalah brunfelsia americana dengan warna bunganya yang sama-sama kuning.

Passiflora (Passiflora incarnata)

Dinamai true passiflora atau wild passion vine (Passiflora incarnata) karena memiliki bunga yang atraktif. Walaupun hanya mekar sehari, namun memberi kesan lama karena keindahan bunganya. Bentuk atraktif ini menarik serangga polinator untuk menyerbuki bunganya.

Tanaman asal Amerika bagian Tenggara ini bisa ditanam di kawasan panas atau sejuk. Dengan panjang batang bisa mencapai 3 meter lebih, tanaman ini bisa ditanam sebagai tanaman pot atau pergola.

Flame of Irian (Mucuna benetti)

Tanaman rambat ini berasal dari Papua. Tumbuh merambat di pepohonan dan berbunga sepanjang tahun, tanaman ini cocok ditanam sebagai pergola dengan yang akan menjulur turun ke bawah.

Bunganya berbentuk seperti kuku melengkung, tersusun berbentuk tandan. Tanaman ini bisa tumbuh di kawasan panas dekat pantai hingga di di kawasan sejuk seperti di gunung.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com