Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN Kuasai 26 Persen Pasar Pembiayaan Perumahan

Kompas.com - 07/10/2011, 16:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) kuasai 26 persen pasar pembiayaan perumahan di Indonesia. Rinciannya, komposisi penyaluran pembiayaan perumahan mencapai 90 persen dan sisanya disalurkan dalam bentuk kredit ke sektor lain.

Kredit perumahan yang menjadi core bisnis BTN terdiri dari kredit pemilikan Rumah atau KPR bersubsidi mencapai 58 persen sedangkan untuk perseroan dan KPR non subsidi mencapai 42 persen. Pangsa pasar BTN pada kuartal II tahun ini telah mencapai 97 persen dari total pemberian KPR subsidi secara nasional.

Untuk KPR bersubsidi dalam fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan, BTN telah membangun sekitar 46.000 unit rumah hingga Juni 2011 dengan pembiayaan tiap unit rumah sebesar Rp 50 juta. Sebelumnya, Irman Zahirudin, Direktur Konsumen BTN mengatakan bahwa hingga akhir 2011 BTN menargetkan membiayai 120.000 unit rumah.

Sedangkan untuk Tapernas atau tabungan perumahan nasional, BTN telah berkomitmen untuk memenuhi target pemerintah membangun 200.000 unit rumah setiap tahun. "Kami juga tengah menjajaki pembangunan unit rumah untuk PT. Asabri sampai akhir tahun dapat membangun 10.000 unit," terang Irman kemarin (6/10/2011). (Mona Tobing/Kontan)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com