Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Apartemen Hanya Cocok di Jakarta

Kompas.com - 06/10/2011, 12:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Indonesia Property Watch (IPW), Ali Tranghanda, menilai kota-kota di luar Jakarta belum siap dengan konsep apartemen sebagai tempat tinggal. Pembangunan apartemen di kota lain dinilai latah meniru Jakarta.

"Apartemen itu belum cocok selain di Jakarta, walaupun sekarang pengembang melakukan ekspansi ke Surabaya. Kota-kota lain seperti latah meniru perkembangan Jakarta," katanya kepada KOMPAS.com, di Jakarta, akhir pekan lalu. 

Ali menilai, permintaan pasar apartemen di kota lain saat ini masih rendah. Kalau pun ada permintaan, lanjut dia, jumlahnya masih tipis.

"Bahayanya, pengembang melihat seolah-olah Bandung dan Surabaya sudah siap dengan konsep apartemen. Kalau Surabaya itu masih cocoknya untuk landed (rumah tapak)," ujarnya.

Lalu, mengapa hanya Jakarta dinilai lebih pas dengan konsep apartemen? Ali mengatakan, pertumbuhan kota Jakarta sudah terlalu padat dengan mobilitas para komuter dari kota-kota di sekelilingnya yang begitu tinggi.

"Kota lain belum sepadat Jakarta, dan sedikit komuternya," katanya.

Tinggal di apartemen

Siapkah warga Jakarta dan sekitarnya tinggal di apartemen?

Menurut Ali, ke depan orang akan makin menyadari, bahwa mereka memang perlu pindah ke hunian vertikal. Alasannya adalah produktivitas kerja.

"Untuk suatu kota dengan karyawan yang banyak, pastinya sebagian dari mereka tak mau tinggal di luar Jakarta, karena macet. Mereka akan memilih tinggal di apartemen, dekat dengan tempat kerjanya. Ini metamorfosis kota," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com