Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Api di Taman Nasional Merbabu Belum Padam

Kompas.com - 30/09/2011, 17:48 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com — Kebakaran hutan yang terjadi di Taman Nasional Gunung Merbabu, Jawa Tengah, hingga Jumat (30/9/2011) siang, belum bisa diatasi. Medan yang berat menuju puncak menjadi kendala utama upaya pemadaman.

Kebakaran di puncak Gunung Merbabu terjadi sejak Selasa (27/9/2011) lalu. Api sempat hampir padam. Namun, api kembali menjalar karena angin yang berembus ke arah utara dan menyebabkan api kembali membesar. Kebakaran yang terjadi meliputi wilayah di Kabupaten Semarang, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Magelang.

Kepala Seksi I Balai Taman Nasional Merbabu Marawayan, di Desa Kopeng, Getasan, Kabupaten Semarang, mengatakan, titik api masih ada di wilayah Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali. Hingga kini petugas masih kesulitan memadamkan api karena medan yang sulit untuk mencapai lokasi dan keterbatasan peralatan.

Ketua Forum Rembug Taman Nasional Merapi-Merbabu yang juga Ketua Relawan Radio Antar Penduduk Indonesia, Suyono Nurwahadi, mengatakan, masyarakat relawan bersama polisi hutan, tim SAR, kepolisian, dan TNI sudah berupaya mengatasi kebakaran dengan melokalisasi api. Para relawan dan petugas pun masih bersiaga.

Dari pengamatan di pos pendakian pertama, sekitar 4 kilometer dari puncak Merbabu, sudah tidak tampak api yang menyala. Namun, masih terlihat sedikit asap dari lahan yang terbakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com