Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hutan Jati di Klaten Terbakar

Kompas.com - 30/09/2011, 06:00 WIB

KLATEN, KOMPAS.com — Hutan jati milik Perum Perhutani di petak 92 B, Dukuh Winong, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Kamis (29/9/2011) malam terbakar.

Berdasarkan pantauan, titik api di hutan tersebut terlihat memanjang puluhan meter dan lokasi kebakaran berada di atas perbukitan yang ada di sekitar lokasi kawasan wisata Rawa Jombor.

Dari informasi yang didapat, munculnya titik api di hutan mulai terlihat sejak pukul 16.00 WIB, tetapi baru membesar selepas maghrib atau sekitar pukul 18.30 WIB.

Lokasi terbakarnya hutan ini hanya berjarak ratusan meter dari permukiman warga sehingga ketika api terlihat membesar, warga sekitar panik.

"Awalnya sempat panik, lalu ada dari warga yang langsung menghubungi kantor SAR (search and rescue) untuk meminta bantuan pemadaman api," ujar Pur, salah satu warga setempat.

Puluhan warga lantas berupaya memadamkan api agar tidak semakin membesar dan merembet ke permukiman mereka dengan cara manual karena mobil pemadam kebakaran tidak mungkin dapat menjangkau lokasi karena medannya yang terjal.

Namun, menurut warga, sejauh ini permukiman penduduk masih aman dari ancaman merembetnya api ke rumah-rumah mereka karena jarak lokasi terbakarnya hutan tersebut masih jauh.

"Pemadaman dilakukan dengan cara manual, menggunakan kayu yang dibasahi dan dipukul-pukulkan ke tanaman yang telah terbakar," kata salah satu anggota tim SAR Klaten, Deni Nurindra.

Menjelang tengah malam sekitar pukul 23.30 WIB, akhirnya api yang membakar hutan tersebut berhasil padam.

Menurut Deni, tanaman yang terbakar baru sebatas semak belukar dan daun jati kering, serta belum membakar tumbuhan yang sengaja ditanam di hutan tersebut, seperti pohon jati.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com