Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lampu Meja untuk Bermacam Keperluan

Kompas.com - 29/09/2011, 18:32 WIB

KOMPAS.com - Bicara soal lampu, termasuk salah satunya adalah lampu meja (desk lamp). Tak sekadar menerangi obyek tertentu di atas meja, lampu meja juga mampu memberikan keindahan dalam ruangan.

Sebagai contoh, lampu meja yang ditempatkan di kamar tidur. Lampu meja dengan desain unik di kamar tidur dan dengan penataan tepat bisa membuat tampilan kamar tidur menjadi lebih atraktif.

Memang, lampu meja ini juga kerap disebut sebagai lampu tidur. Selain memberikan penerangan yang remang-remang saat tidur, lampu meja di sisi tempat tidur juga bisa digunakan sebagai penerangan saat membaca buku sebelum tidur.

Namun, disarankan untuk memilih lampu dengan fasilitas dimmer switch atau pengatur terang dan redupnya penerangan. Jadi, Anda bisa mengatur redup terangnya lampu sesuai keinginan.

Pengukuran

Lampu meja yang diletakkan di kamar tidur umumnya membutuhkan meja nakas yang cukup menyita tempat. Terlebih bila Anda meletakkan lampu ini di kedua sisi tempat tidur. Maka, bila meja nakas memiliki sisi sekitar 30-50 cm, akan dibutuhkan ruang sekitar 60 cm hingga 1 meter untuk menempatkan lampu meja dengan meja nakas.

Perhitungkan pengukuran tersebut perlu dilakukan, terutama jika Anda ingin meletakkan lampu meja di sisi tempat tidur. Sementara itu, untuk lampu meja yang diletakkan di meja belajar atau meja kerja, pastikan lampu ini memiliki ketinggian sekitar 15 inci dari atas permukaan meja. Hal ini untuk mengantisipasi agar lampu meja tidak mengganggu aktivitas di atas meja.

Selain itu, usahakan juga agar sinar lampu jatuh tepat di atas buku. Hal ini akan membuat kegiatan membaca menjadi semakin nyaman.

Jangan lupa, letakkan lampu meja berseberangan dengan jarak Anda menulis. Jadi, ketika menulis dengan tangan kanan dan lampu meja di sebelah kiri, tulisan Anda tidak akan tertutup bayangan.

Lalu, bagaimana dengan desainnya? Jika Anda mengunjungi toko furnitur atau supermarket bahan bangunan, Anda akan menemukan beragam desain lampu meja. Dengan melihat contoh yang beragam tersebut, Anda bisa menyesuaikan desain lampu meja dengan gaya yang diusung dalam hunian Anda. Misalnya, lampu meja minimalis bermaterial besi untuk rumah bergaya modern minimalis. Atau, bisa juga memilih lampu meja dengan nuansa klasik atau etnik seperti bentuk ukuran untuk hunian Anda yang berdesain tradisional.

Terakhir, saat membeli lampu meja, pastikan Anda telah punya gambaran mengenai penempatan. Ada baiknya, ukuran lampu meja sesuai (proporsional) dengan benda-benda atau furnitur di sekelilingnya. (MIL)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com