Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beberapa Pertimbangan Memilih Pot

Kompas.com - 28/09/2011, 14:44 WIB

KOMPAS.com - Tanaman dalam pot adalah solusi praktis menghadirkan kehijauan teras rumah dengan sisa lahan terbatas. Kuncinya hanya kemauan, karena pot sangat praktis dan dapat dikreasikan sesuai selera.

Pot memang wadah tanaman yang bisa menghadirkan suasana baru. Anda hanya cukup menatanya secara ulang letak atau tanaman di pot tersebut, baik digantung atau disusun bertingkat agar terlihat lebih memikat.

Beruntungnya desain-desain pot dewasa ini semakin beragam dan mudah diselaraskan dengan gaya desain di rumah. Mulai dari berbahan semen, tanah liat, keramik, atau kayu bisa Anda kreasikan sendiri. Hanya, satu hal harus diperhatikan adalah jenis tanaman yang akan Anda tanam di dalamnya. Berikut adalah beberapa pertimbangan untuk Anda memilih jenis tanaman untuk pot Anda:

Pertimbangan luas area

Anda bisa membuat tampilan jendela rumah menjadi semakin manis, yaitu dengan meletakkan beberapa buah pot tanaman di bagian sisinya. Namun, karena area tanam di rumah Anda mungil, tanaman yang dibutuhkan juga kecil. Untuk itulah, memilih tanaman bunga merupakan salah satu alternatif. Hanya saja, Anda harus rajin memangkasnya atau memindahkannya ke pot lain agar tampak selalu rapi.

Namun, jika luas area cukup besar, tak ada salahnya Anda menggunakan jenis tanaman lain, seperti daun sirih atau tanaman buah.

Pertimbangan gaya hidup

Ada baiknya Anda juga memilih tanaman bukan hanya yang sesuai iklim udara di rumah, melainkan juga gaya hidup Anda. Jika Anda termasuk orang yang sering bepergian dan tergolong sangat sibuk, Anda harus menggunakan tanaman tropis. 

Tanaman kaktus, misalnya. Tanaman ini sangat cocok untuk Anda karena hanya membutuhkan sedikit air. Bentuk kaktus pun saat ini sangat beragam dengan warna-warni cantik untuk mendukung tampilan interior rumah Anda.

Berbagai koleksi tanaman sansevieria atau lidah mertua juga bisa dijadikan pilihan. Tanaman ini tahan dalam kondisi sedikit air. Selain mudah dirawat, warna dan bentuk runcingnya yang memikat tentu cocok diletakkan di rumah bergaya modern dan minimalis. Mau coba? (ADT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com