Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pahami Kamar Tidur yang Menyenangkan Anak

Kompas.com - 28/09/2011, 11:30 WIB

KOMPAS.com - Beranjak usia sekolah, sang anak mulai berkembang menjadi individu kecil yang mencoba mandiri, mengenal rasa kepemilikan dan teritorial. Mereka menghendaki area pribadi yang menjadi kekuasaannya. Itulah sebabnya anak usia ini lebih senang tidur terpisah dari orangtuanya.

Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan agar kegiatan tidur menjadi pengalaman menyenangkan bagi anak-anak. Perhatikan letak kamar tidur. Dan bayangkan, sebaiknya letak tempat tidur, meja belajar, dan isi kamar lainnya, serta apa yang akan menjadi pusat perhatian ketika si kecil masuk ke "daerah kekuasaannya". Misalnya, memberikan tema luar angkasa beserta bintang dan planet pada salah satu sisi kamar dapat memicu keingintahuan anak tentang antariksa.

Pahami juga selera masing-masing anak. Seorang anak adalah individu yang berbeda dengan anak lainnya, sekalipun bersaudara. Menggunakan warna berbeda sesuai dengan warna kesukaannya membuat anak merasa nyaman untuk berada di dalam kamar. Atau, menggunakan motif yang berbeda sesuai selera anak.

Anda juga bisa memberikan area privasi bagi anak untuk mengerjakan hal-hal yang menjadi hobi mereka. Karena itu, hendaknya mereka disediakan tempat tidur masing-masing supaya tidak saling mengganggu satu dengan lainnya dalam menjalankan hobinya.

Namun, apabila terpaksa harus berbagi tempat tidur, hendaknya sediakan area belajar yang terpisah. Hal ini penting untuk memberikan rasa tanggung jawab si anak. Jika menggunakan tempat tidur tingkat, sarankan agar yang berusia lebih besar menggunakan ranjang yang berada di atas.

Anda juga harus selalu bersikap adil. Apa pun yang diberikan pada salah satu anak, hendaknya diberikan pula pada saudaranya, misalnya lampu belajar yang unik dan menarik, bangku belajar beralaskan sofa, dan lain sebagainya. Dengan memiliki barang-barang tersebut secara pribadi, tidak satu pun dari mereka merasa dianaktirikan. (BYU)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com