Rabu, 3 September 2014
RUANG MAKAN
Rak-rak Penyimpanan di Ruang Makan
Kamis, 15 September 2011 | 15:32 WIB
|
Share:
shutterstock
Memang, semua perangkat itu bisa saja disimpan di area dapur.Tetapi, ketika barang semakin banyak, tentu ruang makan terpaksa menjadi ruang simpan juga.

KOMPAS.com - Jangan katakan, bahwa perangkat yang digunakan di ruang makan itu sedikit. Barang-barang penunjang kegiatan makan, seperti piring, mangkuk, gelas, sendok-garpu, selalu dibutuhkan di ruang yang satu ini.

Memang, semua perangkat itu bisa saja disimpan di area dapur. Akan tetapi, ketika barang semakin banyak, tentu ruang makan terpaksa menjadi ruang simpan juga.

Menyimpan barang di ruang makan harus diperhatikan kerapiannya. Bayangkan, jika barang terserak di mana-mana, selera makan pun akan hilang. Lemari makan menjadi salah satu alternatif solusi. Di tempat ini berbagai perangkat makan, bahkan makanan matang, dapat disimpan.

Namun demikian, kehadiran lemari makan tidak selalu sesuai di setiap ruang makan. Ruang makan yang mungil tentu akan terasa lebih sesak dipenuhi lemari yang ukurannya termasuk besar ini.

Alternatif penyimpanan lain adalah dengan memanfaatkan setiap sudut ruang makan. Cara ini lebih menghemat ruang. Berikut ini adalah beberapa tempat yang dapat Anda jadikan sebagai rak penyimpanan:

Meja makan

Meja makan dapat dilengkapi dengan laci-laci di bagian bawahnya. Walaupun bukan sebagai tempat simpan yang besar, laci ini dapat digunakan untuk menyimpan bermacam perangkat kecil, seperti sendok-garpu, pisau, serta serbet makan.

Rak dinding

Pasang rak-rak di dinding ruang makan. Rak ini memanfaatkan dinding yang biasanya dibiarkan kosong. Koleksi piring yang cantik dapat juga dipajang di sini, sekaligus sebagai tempat penyimpanannya.

Lemari pendek

Jika sebuah lemari makan yang besar dirasa terlalu boros tempat, pilih lemari pendek. Agar cahaya tetap masuk ke dalam ruang, lemari ini dapat diletakkan di ambang jendela. Sementara itu, bagian atasnya dapat berfungsi sebagai meja tambahan untuk menaruh barang.

Troli

Meja untuk menyajikan makanan, seperti troli (rak beroda), juga dapat dijadikan area penyimpanan. Meja ini dapat disimpan di sudut ruang makan dan raknya dipenuhi perangkat makan. Jika penampilannya masih mengganggu mata, selubungi meja ini dengan taplak yang lebar sehingga isinya tidak terlihat.

Sumber :
Kompas Klasika

Editor :
Latief