Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solusi Bertaman di Lahan Mungil

Kompas.com - 13/09/2011, 15:34 WIB

KOMPAS.com - Walau sisa lahan sangat terbatas, bukan berarti Anda tak bisa menghadirkan kehijauan di teras rumah. Tanaman dalam pot adalah solusinya.

Pot begitu praktis karena bisa dikreasikan kapan pun Anda mau. Jika merasa butuh suasana baru, Anda tinggal menata ulang tanaman pot tersebut, baik dengan cara menggantung atau menyusun secara bertingkat sehingga tampilannya lebih memikat.

Tak hanya itu. Desain-desain pot dewasa ini juga sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan gaya desain yang diaplikasikan di rumah. Ada yang terbuat dari semen, tanah liat, keramik, dan lain-lain.

Hal lain harus diperhatikan adalah jenis tanaman yang akan ditanam dengan menggunakan pot. Berikut beberapa cara memilih jenis tanaman pot Anda:

Luas area

Jendela rumah bisa dipermanis dengan meletakkan beberapa buah pot tanaman di bagian sisinya. Berhubung areanya yang mungil, tentu dibutuhkan tanaman yang juga kecil.

Tanaman bunga bisa menjadi salah satu alternatif. Hanya, Anda tidak boleh lupa rajin-rajin memangkas atau memindahkannya ke pot lain agar tampilannya tetap rapi. Apabila luas area cukup besar, tak ada salahnya Anda menggunakan jenis tanaman lain, seperti daun sirih ataupun dengan tanaman buah.

Gaya hidup

Pilih tanaman yang sesuai dengan iklim udara maupun gaya hidup Anda. Apabila Anda sering bepergian dan memiliki kesibukan tinggi, Anda bisa menggunakan tanaman tropis seperti kaktus yang hanya membutuhkan sedikit air. Bentuk kaktus saat ini sangat beragam dan memiliki warna-warni cantik untuk mendukung tampilan interior di rumah.

Jenis tanaman sansevieria atau lidah mertua pun bisa jadi pilihan, mengingat tanaman ini juga tahan dalam kondisi sedikit air. Tanaman seperti lidah mertua memiliki banyak penggemar dan sering ditemui di rumah-rumah. Selain perawatannya mudah, warnanya juga memikat dengan bentuk runcing sehingga cocok diletakkan di rumah bergaya modern dan minimalis. (ADT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com