Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Area-area Nyaman untuk Koleksi Buku Anda

Kompas.com - 12/09/2011, 17:39 WIB

KOMPAS.com - Buku menjadi salah satu sumber referensi tepat jika Anda "haus" info pengetahuan. Maka, akan sangat menyenangkan bila hobi membaca dan mengoleksi buku menjadi tradisi baru sebagian besar keluarga di Indonesia.

Sayangnya, tingginya minat membaca tersebut kerap tidak diimbangi dengan tersedianya tempat penyimpanan buku yang layak. Banyak buku dibiarkan tersebar di penjuru rumah, digeletakkan sembarang di kamar tidur, bahkan hanya ditumpuk di sudut-sudut ruang. Padahal, yang Anda perlukan hanyalah rak buku.

Keberadaan rak buku tidak hanya untuk menyimpan koleksi buku, tapi juga dapat menambah nilai estetika ruangan Anda. Pada rumah berukuran kecil, misalnya, Anda bisa memanfaatkan rak buku sebagai penyekat antarruang, seperti pembatas antara ruang tamu dan ruang keluarga.

Untuk area tersebut, Anda bisa memilih atau membuat tampilan model rak minimalis berbahan kayu atau plat besi ramping yang berkesan ringan. Pilihan rak gantung bisa menjadi alternatif menarik di rumah mungil atau luas sekali pun.

Rak gantung tidak menempel pada dinding dan tidak mempunyai kaki. Lewat kehadirannya, ia akan memberikan tampilan lebih ringan dan tidak membuat ruang tampak penuh.

Rak jenis ini dapat disusun dalam beberapa tingkat dan bersifat fungsional. Pasalnya, di bagian bawahnya dapat digunakan untuk meletakkan perabot meja tulis atau sofa.

Bila rumah Anda memiliki langit-langit tinggi, Anda dapat memanfaatkan ruang di bawah atap (attic) dengan memberikan ruang tambahan yang disebut mezanin. Pada mezanin, Anda dapat meletakkan koleksi buku di rak secara berjajar atau menyulap ruang itu menjadi ruang kerja atau baca.

Di sisi lain, Anda dapat bermain-main dengan celah atau area yang tidak terpakai di dalam rumah. Biasanya, area itu ada di ruang bawah tangga, dinding bagian atas, atau sudut ruang keluarga.

Jangan lupa, Anda juga bisa memanfaatkan area bawah tangga tersebut dengan menciptakan rak tanam atau dikenal dengan rak built-in yang disesuaikan luas ruang. Kesan rapi dan bersih terwujud dari jenis rak yang satu ini.

Sebagai tambahan dekoratif di area baca ini, Anda bisa menampilkan karpet bercorak cerah dengan bantal-bantal besar atau bangku built in. Kini, Anda sudah bisa menikmati ruang baca yang nyaman dan hemat ruang! (AJG)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com