Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pilihan Tanaman "Indoor" yang Memikat

Kompas.com - 09/09/2011, 15:08 WIB

KOMPAS.com - Tanaman indoor atau tanaman dalam ruangan kerapkali menghadirkan kesegaran lewat warna hijau dedaunan. Sudah punya referensinya?

Bukan apa-apa. Karena memang, tidak semua tanaman mampu hidup indah dalam ruangan karena membutuhkan cahaya dan air berlebih. Berikut ini 10 tanaman dalam ruangan yang bisa Anda jadikan referensi untuk ditempatkan di dalam ruangan:

Aglaonema

Tanaman ini sempat menyandang predikat tanaman termahal. Hingga kini tanaman tersebut masih banyak digemari sebagai tanaman indoor karena tahan di dalam ruangan dengan cahaya sedikit.

Daya tariknya, keluarga keladi-keladian ini bagus ditempatkan dalam pot maupun lanskap. Warna daunnya beragam, mulai merah, pink, hijau, serta putih.

Dieffenbachia

Keluarga keladi dengan daun lebar dan corak hijau kuning ini memiliki spesies asli berwarna hijau dengan bercak putih. Tanaman ini mudah tumbuh hanya dengan menyetek batangnya. Namun, bila ingin menempatkannya di dalam ruangan, sebaiknya Anda menjauhkan tanaman in dari anak-anak, karena getahnya gatal.

Anthurium daun

Tanaman berdaun lebar ini sempat menjadi tren tanaman indoor. Daun anthurium banyak jenisnya, seperti anthurium crystallium (kuping gajah).

Anthurium dengan daun berbentuk hati ini diketahui mulai menjadi tanaman indoor sejak zaman kolonial Belanda. Syarat tumbuhnya sama dengan aglaoneme, yaitu suka media porus (pasir malang dan humus), tidak suka cahaya langsung, dan menyukai lembab.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com