Minggu, 24 Agustus 2014
Variasi Tanaman untuk Taman Vertikal
Penulis : Natalia Ririh | Rabu, 7 September 2011 | 09:58 WIB
|
Share:
shutterstock
Namun, cara tepat mengatasi gulma dan rumput liar adalah dengan mencabuti manual secara rutin 2-4 minggu sekali.

KOMPAS.com - Taman vertikal atau akrab disebut vertical garden memang sedang jadi "trend". Bila Anda tertarik menghijaukan rumah dengan taman vertikal, ketahui dulu aneka pilihan tanaman hias untuk pengisinya.

Apa saja tanaman hias tersebut ?

Neoregelia

Marga ini kerap dinamakan dengan bromelia. Padahal bromelia adalah nama keluarga dari banyak genus tanaman. Neoregelia yang umum digunakan di taman vertikal antara lain jenis Neoregelia olens dengan daun merah polus berujung rata, lalu Neoregelia carolinae dengan corak daun bergaris.

Kuping gajah (Anthurium crystalinum)

Tanaman ini memiliki ciri daun berbentuk hati dengan urat daun putih keperakan. Kuping gajah ada yang berhelai besar (jenis lama) dan berhelai kecil (jenis baru). Jenis daun kecil kerap digunakan untuk taman vertikal.

Tanduk rusa (Platycerium bifurcatum)

Tanaman ini dinamai tanduk rusa karena daunnya mirip dengan tanduk rusa jantan. Tumbuhnya menempel di barang kayu, marga ini dibiakkan dengan spora, ia menyukai tempat yang teduh dan lembab.

Lili paris (Chlorophytum comosum)

Daun tanaman ini panjang dengan garis putih kekuningan. Biasanya digunakan untuk tanaman border atau pot gantung. Lili paris tahan terhdap matahari langsung dan tumbuh optimal di tempat yang ternaungi.

Cryptanthus

Tanaman ini tahan terhadap sinar matahari terik sekaligus bisa di tempat yang memiliki naungan. Tanaman ini memiliki banyak warna daun, mulai dari hijau, abu-abu, coklat hingga garis-garis putih. sebagai aksen di taman vertikal, dapat disandingkan dengan Bromeliaceae.

Lipstik (Aeschynantus Radicans)

Tanaman ini tumbuh menjalar dengan batang yang panjang. Daunnya berbentuk ginjal (cordata), berwarna merah hati dnegan garis perak dan berbulu. Bunganya berwarna merah menyala.

Kadaka (Asplenium scolopendrium)

Tanaman ini hampir sama dengan Paku sarang burung, hanya jenis daunnya lebih kecil. Pinggirnya bergelombang berwarna hijau muda.

Sirih Merah

Jenis tanaman ini menyenangi tempat teduh, tumbuhnya menjalar dengan batang berbuku, daunnya berwarna merah dengan garis perak. Sebagai tanaman pengisi taman vertikal, Sirih Merah tampil dengan warna merahnya.

Singonium

Tumbuhan perdu dengan tinggi tak lebih dari 30 sentimeter ini memiliki daun berbentuk hati dengan warna daun campuran antara putih dan hijau. Tanaman ini gampang tumbuh asalkan cukup air.

Kucai

Kucai merupakan jenis bawang-bawangan terkecil dari famili Alliaceae. Tanaman umbi-umbian setinggi 30 - 50 sentimeter dan lebar 1 sentimeter, dengan daun berbentuk tabung hampa sekitar 50 sentimeter ini memiliki tekstur lembut. Bunga dari Kucai berwarna pucat ungu, berbentuk bintang dengan enam kelopak bunga lebar.

(G. Sujayanto/ Majalah Garden)

 


Editor :
Jimmy Hitipeuw