Sabtu, 25 Oktober 2014
Arus Mudik
Jalur Khusus Sepeda Motor Lancar
Penulis : Mukhamad Kurniawan | Jumat, 26 Agustus 2011 | 10:59 WIB
|
Share:
KOMPAS/ERWIN EDHI PRASETYA
Pengendara sepeda motor yang hendak mudik tampak sedang berhenti sejenak untuk mengecek kondisi sepeda motor mereka di pingir jalan pantai utara Cirebon, Jawa Barat, Kamis (25/8/2011). Kondisi kendaraan yang prima sangat penting untuk kenyamanan dan keamanan selama mudik lebaran.

KARAWANG, KOMPAS.com- Jalur Tanjungpura-Johar-Telagasari-Cilamaya-Cikalongsari yang khusus disiapkan bagi pemudik sepeda motor, pada 26/8/2011) siang, masih terlihat lancar. Kendaraan bisa dipacu hingga kecepatan 50 kilometer per jam.

Tidak ada penumpukan di tikungan dan perlintasan seperti di sekitar Lingkar Luar Karawang, persimpangan di Majalaya, Telagasari, dan Lemahabang. Sebagian pemudik sepeda motor juga terlihat di jalur utama pantai utara Karawang di ruas Warungbambu-Kosambi-Cikampek.

Sejumlah tempat istirahat dan warung musiman di jalur sepeda motor juga terlihat sepi. Menurut sejumlah pedagang di Majalaya, situasi Jumat pagi hingga siang ini relatif lebih lancar ketimbang Kamis malam.

Pada saat puncak arus mudik, seperti terjadi Lebaran tahun lalu, jalur Johar-Cikalongsari sepanjang 45,9 kilometer padat kendaraan. Sulit bagi warga sekitar untuk sekadar menyeberang di jalur selebar 5-6 meter itu karena rapatnya kendaraan. Namun, situasi itu belum terjadi hingga lima hari menjelang Lebaran (H-5) hari ini.


Editor :
Marcus Suprihadi