Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Kalimalang Mulai Dipadati Pemudik Motor

Kompas.com - 26/08/2011, 00:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Jalan Kalimalang, Jakarta Timur, mulai dipadati pemudik yang mengendarai sepeda motor pada H-5 atau Kamis (25/8/2011) malam. Menurut aparat kepolisian, peningkatan volume kendaraan yang melintas mulai terlihat sejak sekitar pukul 19.00 WIB.

"Kemungkinan akan terus berlangsung hingga dini hari nanti," kata Bripka Sucipto, anggota  kepolisian di wilayah Jakarta Timur kepada Kompas.com.

Ia melanjutkan, dibanding dua hari sebelumnya, H-7 dan H-6, jumlah pemudik sepeda motor saat ini sudah jauh meningkat.

Sejumlah kelompok pemudik motor sudah terlihat sejak kawasan UKI Cawang hingga seputaran Jalan Kalimalang.

"Lagi nunggu teman. Kami janjian ngumpul di sini," kata Mochtar, pemudik asal Pemalang, Jawa Tengah, yang ditemui di dekat Pasar Cipla, Jakarta Timur.

Menurutnya, mudik dengan rombongan besar akan lebih aman karena bisa saling memperhatikan kondisi satu sama lain. "Hanya memang lebih lambat karena harus saling menunggu," kata Mochtar.

Hal serupa dilakukan Iwan dan teman-temannya yang hendak menuju Brebes, Jawa Tengah. "Tinggal beberapa teman yang belum ngumpul," kata Iwan yang bersama rombongannya ditemui di depan Kantor Perumnas, Jalan DI Panjaitan, Cawang. Ia memperkirakan perjalanan menuju kota asal mereka akan memakan waktu 8-10 jam.

Kalimalang memang menjadi salah satu jalur alternatif, baik menuju jalur pantai utara maupun jalur selatan yang melewati Purwakarta, Jawa Barat. Hal ini menyebabkan arus di jalur tersebut semakin terlihat padat saat mendekati Bekasi, Jawa Barat.

"Arus lalu lintas di Jalan Haji Naman (Duren Sawit) tadi sempat macet. Sekarang kondisinya padat," kata Bripka Agus, petugas kepolisian lainnya. Salah satu ruas di Kalimalang itu saat ini diawasi dua petugas Patroli Pengawalan dan satu anggota Provost.

Jalan Haji Naman, menurut Bripka Agus, menjadi salah satu titik pengamanan utama karena menjadi tempat pertemuan para pemudik dari berbagai wilayah di Jakarta.

"Yang dari arah Halim-Cawang, dari arah (Jalan) Perintis Kemerdekaan, Pondok Kelapa, Duren Sawit, semuanya bertemu di titik itu," urai Bripka Agus.

Ia melanjutkan, petugas kepolisian akan siaga 24 jam untuk mengawasi dan menertibkan jalur sepanjang jalan Kalimalang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com