Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke: Mudik Bareng Kurangi Pemudik Motor

Kompas.com - 24/08/2011, 12:57 WIB

JAKARTA-KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengharapkan bertambahnya agenda mudik bersama yang dilakukan oleh perusahaan atau instansi pemerintah. Cara ini dapat menekan jumlah pemudik dengan sepeda motor.

Hal tersebut disampaikan Fauzi Bowo saat melepas peserta rombongan mudik gratis yang diselenggarakan PT Jasa Raharja. Mudik bersama ini diikuti oleh 12.000 pemudik ke berbagai daerah di luar Jakarta.

"Kegiatan mudik yang selalu ada tiap tahunnya harus diwadahi oleh pemerintah, untuk kali ini Jasa Raharja. Untuk persyaratan kendaraan, kita pilih yang bagus," ujar Fauzi Bowo di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Rabu (24/8/2011).

Gubernur yang akrab disapa Foke itu juga mengklaim kalau imbauan pemerintah agar pemudik tidak menggunakan sepeda motor mulai berjalan dengan baik. Dengan mudik bersama, jumlah pemudik bersepeda motor akan berkurang sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. "Imbauan yang kami lakukan mulai efektif. 12.000 pemudik mengurangi 6.000 pemudik dengan sepeda motor," katanya.

Foke menegaskan, kegiatan mudik bareng ini harus tetap dilanjutkan karena kegiatan mudik bareng masih belum dapat mengimbangi jumlah pemudik dengan sepeda motor. "Karena ini masih 6.000, masih ada sekian juta lagi, ini presentasinya masih kecil sekali. Kami masih lanjutkan terus, kalau perlu yang naik kapal bawa motor ke atas kapal," pungkasnya.

Polda Metro Jaya memprediksi jumlah pemudik dengan sepeda motor tahun ini mencapai lebih dari 8 juta orang. Jumlah ini meningkat 14 persen dibanding jumlah pemudik bersepeda motor pada 2010, yakni 7,2 juta orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com