WARNA
Mengenal Istilah dan Jenis Cat
Selasa, 16 Agustus 2011 | 17:49 WIB
|
Share:
shutterstock
Untuk cat tembok eksterior yang membutuhkan perlindungan terhadap cuaca dan keindahan warna dalam jangka waktu yang lama, cat tembok yang disarankan adalah yang berjenis weatherproof, wheatershield, wheathercoat dan easyshield.

KOMPAS.com - Tanpa disadari kenyamanan dan suasana rumah sering kali mampu membangkitkan suasana hati atau mood seseorang. Salah satu faktor yang bisa menentukan kenyamanan rumah adalah permainan dekorasi pada interior, termasuk di dalamnya cat atau warna pada dinding ruang.

Banyak pendapat yang mengutarakan, bahwa warna pada interior maupun eksterior, terutama tembok, ternyata memiliki asosiasi dengan emosi tertentu. Selain mempengaruhi emosi dan suasana hati, warna ternyata juga dapat menciptakan kesan ruang.

Untuk mendapatkan tembok dengan hasil akhir yang halus dan doff, cat jenis easycoat, pentalite emulsion dan matt emulsion akan memberikan hasil sesuai dengan yang Anda inginkan. Bila Anda ingin hasil akhir yang setengah mengkilap dengan dasar emulsi terpolimer yang sangat keras, tahan gores, dan tahan gosokan, sebaiknya Anda menggunakan cat jenis vinyl silk atau pearl glo. Dengan cat jenis ini, Anda akan dengan mudah membersihkan permukaannya dari kotoran yang melekat.

Selain itu, karena sifatnya yang mudah dibersihkan, cat jenis ini sangat cocok digunakan di area yang rawan kotor seperti dapur, kamar mandi atau garasi. Dari beberapa jenis cat yang beredar di pasaran, ada jenis acrylic gloss enamel, highgloss, dan super gloss yang khusus melapisi permukaan kayu, metal/besi, plesteran semen, beton dan gipsum untuk eksterior maupun interior.

Untuk cat tembok eksterior yang membutuhkan perlindungan terhadap cuaca dan keindahan warna dalam jangka waktu yang lama, cat tembok yang disarankan adalah yang berjenis weatherproof, wheatershield, wheathercoat dan easyshield. Cat jenis ini umumnya memiliki ketahanan terhadap rembesan air hujan, kelembaban dan juga tahan terhadap sinar matahari.

Selain cat untuk tembok, di pasaran juga tersedia cat pelindung atap untuk asbes, genteng tanah liat dan genteng keramik. Cat jenis roof paint ini dilengkapi perlindungan terhadap jamur dan gangguan lain yang biasa ditimbulkan pada daerah yang bercuaca tropis. Dengan mengenal berbagai jenis cat dan kegunaannya, Anda kini tak perlu bingung saat memilih cat yang sesuai dengan kebutuhan. (AYA)

Sumber :
Kompas Klasika

Editor :
Latief