Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Berbisnis Indekos dari Sekarang!

Kompas.com - 16/08/2011, 14:14 WIB

KOMPAS.com - Anda punya rumah kosong atau lahan cukup luas dan berlokasi di tempat strategis, seperti berdekatan dengan kampus atau perkantoran misalnya? Mengapa tidak dimanfaatkan saja untuk dijadikan indekos atau rumah kos? Selain menjadi tidak terbengkalai, pemasukan pun bisa mengalir dari usaha ini.

Tawaran menggiurkan, tentunya. Akan tetapi, membangun indekos memang bukan perkara mudah. Anda perlu memiliki izin resmi atau Izin Mendirikan Bangunan (IMB) agar rumah kos tidak disalahartikan sebagai bangunan liar. Sementara itu, dari segi finansial pun Anda perlu memiliki dana yang cukup untuk membiayai pembangunan indekos.

Tak cukup hanya itu. Selanjutnya, Anda juga perlu memikirkan fasilitas untuk penghuni kost. Mulai dari kamar tidur, misalnya. Pastikan kamar tidur mendapatkan sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik. Ukuran kamar, minimal sekitar 2,5 x 3 meter, dengan fasilitas umum, seperti tempat tidur, lemari pakaian, dan meja.

Namun, jika ingin menyasar kalangan menengah ke atas atau karyawan, Anda bisa memperluas ukuran kamar dan menambah fasilitas. Sediakan pula ruang komunal. Dengan begitu, penghuni kos akan merasa lebih nyaman. Sebab, di ruang komunal ini, para penghuni bisa bersantai, berkumpul, dan berinteraksi dengan sesama penghuni kos lainnya.

Fasilitas seperti sofa dan televisi di ruang komunal akan membuat penghuni kos merasa betah. Soal kamar mandi pun jangan sampai luput dari perhatian. Anda bisa membuat kamar kos dengan kamar mandi pribadi atau bersama. Namun, pastikan kamar mandi memiliki aliran air yang baik, tidak sering tersendat), bersih, dan nyaman digunakan penghuni kos.

Tambahkan juga ruangan untuk dapur, garasi, dan ruang untuk mencuci dan menjemur. Jika rumah kos juga digunakan sebagai rumah tinggal, upayakan area kamar-kamar kos terpisah dari wilayah ruangan tempat tinggal Anda agar tiap penghuni memiliki privasi tersendiri.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, Anda bisa menggunakan jasa pengamanan atau penjaga kos. Anda perlu menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi penghuni kos saat mereka bepergian. Dengan kondisi yang aman, bersih, dan nyaman, penghuni kos pun akan betah tinggal di rumah kos Anda. (MIL)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com