Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memilih Modern dengan Hitam, Putih, atau Abu-Abu?

Kompas.com - 15/08/2011, 16:47 WIB

KOMPAS.com - Bila Anda hendak menata interior rumah Anda dengan sentuhan arsitektur modern, aplikasi putih, hitam, atau abu-abu akan menjadi pilihan tepat. Hitam, putih, dan abu-abu kerap dianggap jenis warna biasa atau kurang "berwarna".

Biasanya, orang mengasosiasikan warna dengan pilihan merah, kuning, biru, dan warna-warna lain dari turunannya. Namun kini, hitam, putih dan abu-abu dianggap mewakili karakter modern yang lugas dan sederhana. Warna-warna ini juga membawa karakter yang dibutuhkan untuk menguatkan kesan modern. Apa saja karakteristiknya?

Hitam

Warna ini cenderung menghasilkan efek dekat, pendek, dan sempit. Hitam baik diterapkan pada bangunan modern yang umumnya kaku dan tak hangat. Hitam adalah warna kuat dan melambangkan kepercayaan diri.

Warna ini juga maskulin, elegan, megah, dramatis, dan misterius. Bila tampil sendiri, hitam akan menakutkan. Karenanya, dalam penerapannya perlu dukungan warna lain seperti warna putih atau warna lebih terang.

Putih

Putih mengesankan ringan, luas, dan terbuka. Warna ini melambangkan kemurnian dan kepolosan, cerminan ketentraman, kenyamanan, dan memudahkan refleksi.

Terlalu banyak putih akan menimbulkan rasa dingin, steril, kaku, dan terisolir. Bila tampil sendiri, akan memunculkan kebosanan, pucat, dan kurang hidup. Paduan putih dan hitam menarik dipadukan pada bangunan modern.

Abu-abu

Abu-abu masuk dalam kelompok warna netral yang memiliki karakter tenang, memberi sentuhan kesejukan, tenang, dan modern. Warna ini mengesankan ruang lebih luas, ringan, hening, dingin, kaku dan tidak komunikatif. Untuk mengaplikasikannya, kombinasikan abu-abu dengan warna lain yang lebih "hidup" sebagai paduan atau aksen.

(Sumber: Serial Rumah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com