Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upacara Kasada Tetap Dilakukan

Kompas.com - 12/08/2011, 13:19 WIB

PROBOLINGGO, KOMPAS.com — Tahun ini upacara Yadnya Kasada oleh warga Tengger akan terasa spesial karena dilakukan usai erupsi Gunung Bromo. Tidak ada perubahan tata cara ritual Kasada, karena saat ini aktivitas Bromo cukup landai.

Upacara Kasada akan dilakukan 14-15 Agustus 2011, dengan didahului sejumlah ritual seperti mengambil air suci dan selamatan di Pura Luhur Poten.

Usai peningkatan status Gunung Bromo menjadi Awas beberapa waktu lalu, saat ini kondisinya sudah landai. Itu sebabnya pelaksanaan Kasada sebagai upacara adat Tengger tetap dilakukan seperti biasa.

"Hanya saja pascapeningkatan aktivitas sebelumnya, pengunjung yang mendekati kawah Bromo akan diatur," ujar Kepala Seksi Jasa Wisata Pemkab Probolinggo, Andjar Noermala, Jumat (12/8/2011).

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menyarankan pengunjung yang mendekati kawah diatur bergelombang agar tidak berdesakan di tangga menuju kawah. Sebab saat aktivitas meningkat, banyak pasir menutupi tangga tersebut. Jika tidak diatur dikhawatirkan ada pengunjung yang terjatuh.

Catatan di pos pengamatan Gunung Bromo di Dusun Cemorolawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, menunjukkan sesekali masih terjadi gempa vulkanik dalam, tremor jauh menurun dengan amplitudo maksimal hanya 0,5-1 milimeter (mm). Tidak seperti sebelumnya saat status Gunung Bromo  Awas, di mana amplitudo maksimal bisa mencapai 25-38 mm.

Warna asap sudah putih tipis dengan ketinggian asap sekitar 100 m. Namun bau belerang masih saja tercium antara sedang hingga pekat. Dengan kondisi itu, saat ini status Gunung Bromo masih Waspada. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com