Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yang "Haram" Dikesampingkan saat Memilih Cat....

Kompas.com - 10/08/2011, 13:51 WIB

KOMPAS.com - Memilih cat dinding memang tidak hanya berhenti pada masalah warna. Harus diakui, bahwa warna cat dinding memang merupakan aspek penting dalam estetika sebuah hunian.

Namun, tentu juga tidak hanya sekadar warna dan poles dinding, karena pemilihan cat yang kualitasnya baik pun "haram" dikesampingkan. Nah, bagaimana cara memilih cat berkualitas baik?

Pertama, cat memiliki pigmen warna yang bagus. Artinya, warna cat tidak akan berubah dalam kurun waktu cukup lama karena memiliki kandungan zat tersendiri untuk dapat mempertahankan warnanya.

Kedua, warna dan daya rekat cat. Kualitas cat yang baik memiliki ketahanan warna dan daya rekat cat yang bisa mencapai usia lima tahun.

Umumnya, cat yang baik membutuhkan pengencer lebih banyak dibandingkan cat biasa. Selain itu, cat harus mampu menutup permukaan yang lebih luas.

Ketiga, cat dinding tidak mengandung bahan berbahaya atau unsur-unsur bersifat racun. Bila muncul gejala pusing dan mual saat cat tercium, sebaiknya segera ganti cat Anda. Setelah mengecat pun Anda perlu membiarkan ruangan terbuka agar sirkulasi udara lancar dan bau cat berangsur-angsur menghilang.

Keempat, ada baiknya Anda menggunakan cat bermerek sama dengan sebelumnya. Cat dengan kandungan bahan kimia yang jauh berbeda bisa menimbulkan "penolakan". Ciri-cirinya antara lain berupa timbulnya gelembung atau cat mengelupas.

Kelima, Anda bisa memilih cat yang tahan cuaca atau waterproof. Namun, perlu diingat, meskipun cat berbahan tahan cuaca atau waterproof, hal ini tidak bisa mengantisipasi warna dinding kotor karena debu atau cipratan lumpur saat hujan.

Untuk perawatannya, cat dinding yang baik bisa dibersihkan dengan sabun dan sikat yang lembut tanpa harus merusak cat. Jika permukaan cat dinding masih baik atau tidak retak, rusak, dan sebagainya, bisa langsung dilapisi cat baru setelah dinding dibersihkan.

Pengecatan dinding rumah dan tembok paling baik sekitar minimal tiga tahun sekali atau warna cat mulai memudar. Nah, setelah menentukan jenis cat dinding yang tepat dan berkualitas baik, Anda pun bisa mencocokkannya dengan komponen rumah lain seperti pintu dan jendela serta perabotan pengisi rumah. (MIL)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com