Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengubah Tampilan Meja di Hari Raya

Kompas.com - 09/08/2011, 18:12 WIB

KOMPAS.com - Kalau biasanya di ruang makan Anda tampak biasa-biasa saja, bolehlah khusus pada hari raya Idul Fitri nanti dibuat sedikit berbeda. Mengubah tampilan meja di ruang makan, misalnya, agar saat santap bersama sepulang sholat Ied terasa lebih nikmat.

Mengubah tampilan meja lewat table setting tak melulu harus mahal dan baru. Jika Anda memiliki taplak meja warna putih bersih yang tak terkena noda, Anda bisa memanfaatkannya.

Warna taplak yang lain juga bisa, asalkan masih dalam kondisi baik. Anda tinggal menyesuaikan dengan ukuran meja makan Anda. Sebagai pemanis, beri bunga segar di tengah-tengah meja, kemudian tata piring, gelas, sendok garpu berikut napkin sebanyak jumlah kursi yang mengelilingi meja.

Agar dapat menghadirkan nuansa lebaran, tempatkan aksesoris buatan seperti hiasan ketupat dari janur di dekat vas bunga. Pilih seperangkat alat makan senada, baik corak maupun warnanya.

Lalu, tempatkan juga toples-toples kecil berisi kudapan favorit keluarga di tengah-tengah meja. Tak perlu banyak-banyak, karena selain bisa dimakan, fungsi lainnya adalah sebagai aksesoris.

Hal lain patut Anda perhitungkan adalah posisi makan yang berjajar, dan saling berhadapan. Hal ini untuk menciptakan suasana semakin hangat di antara seluruh anggota keluarga saat saling bertemu muka.

Untuk pencahayaannya, Anda bisa memakai lampu gantung di atas meja makan dengan cahaya yang cukup. Jangan terlalu redup, karena ini akan mengurangi kenikmatan saat makan atau terlalu terang karena dapat menyilaukan mata saat menyantap hidangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com