Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Silaturahmi Penuh Warna-warni Alami

Kompas.com - 09/08/2011, 12:09 WIB

KOMPAS.com - Ingin rumah Anda tampak segar ketika menyambut tamu dan sanak saudara saat Idul Fitri nanti? Jangan ragu-ragu, segera tempatkan bunga segar di beberapa sudut ruangan.

Warna-warni putih, merah, atau kuning kelopak bunga akan menambah kesegaran di dalam rumah Anda. Meski membutuhkan perawatan yang lebih dari bunga plastik, bunga segar tetap diminati karena keelokan dan keasliannya tak tergantikan.

Memang, hari raya masih jauh. Namun, tak ada salahnya bila Anda merancang rangkaian bunga segar yang hendak Anda tampilkan. Berikut langkahnya:

- Siapkan wadah yang tepat seperti vas bunga atau pot mungil.

- Pilih bunga sebaiknya mempertimbangkan psikologi warna dan dampak apa yang kelak ditimbulkan dari warna tersebut. Misalnya, untuk warna putih Anda bisa memilih bunga anggrek yang akan membuat ruangan terlihat lebih tenang.

- Untuk memberi semangat dan mengurangi rasa lelah, pakailah bunga berwarna oranye, sementara untuk meningkatkan semangat dan mood para tamu, Anda bisa memanfaatkan bunga berwarna kuning.

- Hijau dan ungu juga pilihan yang bagus bila ingin mendapatkan keseimbangan dan ketenangan.

- Setelah tahu bunga yang ingin Anda pajang, jangan lupa merawatnya agar lebih awet. Caranya:

*Ambil wadah yang sudah dibersihkan dengan tangan atau busa. Jangan dicuci dengan sabun karena bisa mengubah sifat kimia air. Isilah wadah dengan air bersih secukupnya.

*Bersihkan batang bunga segar dari duri dan buang beberapa daun yang mengganggu tampilan. Bersihkan pula bagian bawah batang dari lendir dan kotoran yang dapat mencemari air.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com