Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan "Ngasal", Bersihkan Rumah Ada Triknya!

Kompas.com - 01/08/2011, 16:06 WIB

KOMPAS.com - Membersihkan rumah bukan semata pekerjaan bersih-bersih. Ada triknya untuk membersihkan ruangan, bukan dikerjakan asal-asalan. Karena, bekerja secara serabutan malah akan memboroskan waktu dan membuang tenaga. Hasilnya juga belum tentu bagus. Berikut langkahnya:

Trik 1

Sebelum proses pembersihan dimulai, kumpulkan semua aksesoris yang menempel di dinding maupun di meja dalam satu wadah. Dengan mengumpulkan aksesoris, pembersihan di rak atau ambalan tempat aksesoris jadi lebih mudah dilakukan. Bahkan, aksesoris jadi aman karena tidak akan tersenggol hingga jatuh rusak atau pecah.

Trik 2

Matikan penyejuk udara (Air Conditioner/AC) atau kipas angin sebelum membersihkan ruangan. Tujuannya, agar debu tak beterbangan saat proses pembersihan dilakukan, seperti menyapu lantai.

Mulailah pembersihan dari arah atas ke bawah. Awali dari langit-langit, dinding, jendela, pintu, dan terakhir lantai. Setelah bersih, bagian jendela dan pintu dilap dengan kain basah, dan lantai dipel.

Trik 3

Jika hendak membersihkan bagian yang tinggi dan tak terjangkau, gunakan alat bantu. Misalnya saja, bangku atau tangga. Jangan berjinjit karena justru membuat kerja melambat dan melelahkan. Selain itu, risiko berjinjit membuat badan tak seimbang. Alih-alih bersih, malahan bisa terjatuh karena badan dalam kondisi tidak seimbang, apalagi dalam keadaan puasa.

Trik 4

Bersihkan karpet pada lantai dengan sapu lidi atau penyedot debu (vacuum cleaner). Setelah bersih, lipatlah karpet. Permukaan atas karpet harus berada di bagian dalam lipatan. Silahkan gulung sesudah itu. Trik ini akan mencegah debu dari sisi bawah karpet menempel ke sisi atas.

Trik 5

Ketika membersihkan aksesoris, gunakan sabun secukupnya agar saat pembilasan tidak terlalu lama. Setelah ruangan bersih dan kering, letakkan kembali aksesoris atau furnitur pada tempatnya. Ruangan jadi lebih bersih, dan nyaman untuk ditinggali.

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com