Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KONSULTASI INVESTASISteven Eric Lazuardi
Sekilas tentang Steven The Steven Eric Lazuardi adalah konsultan Hokiplus. Lahir di Jambi, 2 Januari 1975, Steven mendalami ilmu china kuno dari nenek dan orangtuanya.Ia beberapa kali tampil di televisi swasta.

Mari, Menghitung Keberuntungan Pintu Rumah Anda!

Kompas.com - 01/08/2011, 14:32 WIB

KOMPAS.com -  Hal penting dari pembuatan sebuah kusen pintu adalah kesesuaian antara ukuran kusen dan daun pintu yang akan dipasangkan dengan kusen tersebut, baik ukuran lebar maupun tinggi, serta ketebalan pintu tersebut. Ketebalan daun pintu sangat berperan penting untuk membuat alur sponengan pada kusen, sehingga setelah selesai digantungkan pada kusen dan dirapatkan ke sponengan, daun pintu tidak mumbul dari kusen penggantungnya.

Saat ini daun pintu jadian (siap pasang) hasil produksi industri banyak dijual di toko-toko khusus dengan model-model desain menarik dan berkualitas. Karena itu, orang sering memilih membeli daun pintu yang sudah jadi daripada memesan pada tukang pembuat kusen.

Sayangnya, industri atau pabrik biasanya tidak ikut memproduksi kusen sehingga kusen harus dipesan tersendiri pada tukangnya. Hal paling ideal adalah memesan secara paket.

Biasanya, daun pintu dan kusen dibuat oleh pembuat yang sama. Tujuannya agar bahan kayu untuk pembuatan kusen dan daun pintu berasal dari satu sumber sehingga tekstur dan warna antara daun pintu dan kusen tersebut tidak berbeda jauh. Juga, untuk menjaga keseragaman kualitas pembuatannya.

Dibandingkan dengan pembuatan oleh tukang, produksi pabrik atau industri yang berteknologi tinggi dengan mesin-mesin mutakhir jelas lebih menjamin kualitas. Sebagai gambaran, industri atau pabrik umumnya memiliki kamar atau oven pengering (dry-klin) untuk "menguapkan" kandungan air dalam kayu sehingga lenyaplah kelembaban yang paling disukai gerombolan rayap. Itu akan ditambah lagi dengan ruang khusus untuk "menginjeksikan" zat kimia tertentu ke dalam pori-pori kayu guna menambah kekuatan dan keawetan kayu. Cukup melegakan pula bahwa sekarang telah banyak dijual secara eceran berbagai jenis kayu yang telah melalui proses ovenisasi.

Metode desain pintu

Rumah mewah sangat dipengaruhi oleh penampilan pintu. Terkadang, bila disimak dengan jeli, maka sebenarnya banyak bangunan justeru terlihat mewah karena dipengaruhi oleh desain pintunya.

Ukuran pintu sebuah rumah haruslah terlihat proporsional dengan metode perbandingan antara tinggi dan lebar pintu terhadap tingginya langit-langit rumah atau tingginya plafon. Desain pintu minimalis meraih banyak peminat, apalagi bila bahan pintu dan kusen terbuat dari kayu jati.

Sebetulnya, berbagai variasi desain pintu dapat ditemukan dengan mudah. Hanya, konsep desain rumah, baik klasik maupun modern minimalis, semestinya menjadi faktor pertimbangan untuk mendapatkan komposisi yang tepat. Oleh karena itu usahakan selalu mendapatkan komposisi ukuran tepat dalam mendesain antara rumah dan pintu.

Mengukur Pintu dengan penggaris Geomancy (fengshui)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com