Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sssttt... Yuk, Mandi di Bawah Tangga!

Kompas.com - 29/07/2011, 19:05 WIB

KOMPAS.com - Keberadaan ruang bawah tangga acapkali tidak efektif. Padahal, area ini bisa dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan, bahkan kamar mandi.

Seperti rumah contoh Melia Garden, di Perumahan Graha Raya, Serpong, Tangerang, ini misalnya. Di rumah terdiri dari dua lantai ini terdapat tangga untuk naik-turun. Agar mengoptimalkan ruangan di bawahnya, dibuatlah kamar mandi yang bisa digunakan oleh tamu.

Letak kamar mandi ini dibuat semi level dengan posisi langit-langit tetap memiliki ketinggian rata-rata dan tidak menyulitkan orang ketika masuk. Karena bertujuan mengoptimalkan ruang bawah tangga, kamar mandi di ruang tamu ini dibuat menyesuaikan sisa ruang.

Bentuk kamar ini memanjang dan tidak memberi space yang melebar. Di dalamnya, terdapat satu kloset dan perlengkapan kamar mandi lainnya meskipun tidak terlalu banyak.

Sebagai sebuah saran, kamar mandi di bawah tangga dapat dibuat bila level rumah terletak cukup jauh dengan ketinggian jalan raya. Ini terkait dengan saluran pembuangan yang efektif.

Pencahayaan dan sirkulasi udara juga cukup penting untuk diperhatikan. Pasalnya, di bawah tangga pemakaian exhaust fan bisa menjadi solusi untuk perputaran udara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com