Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap... Pesaing JCC Bakal Hadir di BSD City!

Kompas.com - 28/07/2011, 18:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meningkatnya potensi bisnis MICE (Meetings, Incentives, Covention and Exhibition) di Indonesia beberapa tahun belakangan ini dijadikan peluang oleh Kompas Gramedia dan Sinar Mas Land untuk bekerjasama membangun convention and exhibition hall terbesar di Indonesia. Proses penandatanganan nota kesepahaman kedua perusahaan pun digelar di Hotel Santika, Jakarta, Kamis (28/7/2011).

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tersebut dilakukan oleh Jakob Oetama selaku Executive Chairman Kompas Gramedia dan Muktar Widjaja, Chairman Sinar Mas Land. Fasilitas gedung ini akan dibangun di lahan seluas 25 hektar di kawasan BSD City, Tangerang Selatan. Secara keseluruhan luas bangunan Venue tersebut akan mencapai 150.000 meter persegi.

Managing Director Coorporation Strategy and Service Sinar Mas, Ishak Chandra, mengatakan, kemudahan akses melalui Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) diharapkan akan menjadi salah satu pendukung potensial dari pembangunan hall ini. Selain itu, gedung konvensi ini juga mengusung tema green building sehingga tetap berperan dalam menekan emisi karbon di Indonesia.

Ia mengatakan, pembangunan convention and exhibition hall ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya ketersediaan fasilitas venue berstandar internasional di Indonesia saat ini. Kompas Gramedia dan Sinar Mas menangkap potensi tersebut dan memutuskan bekerjasama dalam memenuhi kebutuhan itu, khususnya untuk bermacam kegiatan berskala internasional ke depannya.

"Arsitektur gedung ini akan mulai dirancang bulan depan. Ditargetkan rampung pada 2013 mendatang," ujar Ishak kepada wartawan.

Pada kesempatan yang sama, Danny Budiharto selaku Direktur Dyandra Media International memastikan bahwa fasilitas konvensi ini akan sangat lengkap dan terluas di Indonesia.

"Konvensi dan ruang pameran yang akan kami bangun ini seluas 150.000 meter persegi, bahkan lima hingga enam kali lebih besar dari Jakarta Convention Center kan" kata Danny.

Selain itu, untuk mencapai target penyelesaian tersebut, Kompas Gramedia dan Sinar Mas Land menggandeng Pico Art International, yaitu sebuah perusahaan desain dan arsitektur Internasional untuk turut andil menyelesaikan proyek ini.

"Kami akan bekekerjasama dengan baik agar pembangunan venue ini bisa menjadi pilihan utama dalam menggelar kegiatan-kegiatan seperti konferensi atau konser musik internasional, dan lain-lainnya," kata Danny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com