Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Sofa Bed", agar Selonjor dan Tidur Lebih Nyaman...

Kompas.com - 25/07/2011, 13:49 WIB

KOMPAS.com - Seperti lumrahnya kita ketahui, sofa biasanya diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga dengan fungsinya sebagai tempat duduk yang nyaman. Padahal, ada banyak macam bentuk maupun bahan pembuat sofa dengan beragam kegunaannya.

Untuk ruang keluarga orang sering menggunakan sofa berisi busa dengan bentuk yang gemuk, sehingga nyaman untuk diduduki sambil menyelonjorkan kaki ketika menonton TV. Tempat tidur (bed), sesuai dengan pengertian kata-katanya, adalah tempat untuk tidur, dalam pengertian posisi berbaring. Sesuai dengan fungsinya untuk duduk, sofa berbentuk kursi dengan sandaran, dan kadang-kadang lengan.

Sofa memiliki ukuran standar, yaitu untuk diduduki 1 orang (single seater), 2 orang (two seater), atau 3 orang (three seater). Sementara tempat tidur berbentuk busa datar dengan panjang standar 2 meter, sementara lebarnya bervariasi tergantung tipe.

Kemudian, belakangan ada yang disebut dengan sofa bed, yaitu sofa dengan konstruksi khusus dan bisa diubah bentuknya sehingga menjadi berbentuk rata. Bukan hanya untuk duduk nyaman, sofa bed juga bisa digunakan untuk berbaring layaknya tempat tidur.

Pada dasarnya, bentuk sofa bed bisa diubah-ubah sesuai fungsi. Bila ingin difungsikan sebagai sofa, Anda bisa melipat, sementara untuk difungsikan sebagai tempat tidur tinggal "membuka" lipatannya.

Bentuk sofa

Ada berbagai macam bentuk lipatan sofa bed. Bentuk paling standar yang sudah ada sejak lama adalah dengan membuka dudukan sofa ke arah depan sehingga menjadi panjang dan cukup untuk digunakan berbaring. Sofa bed model ini biasanya berkaki pendek, sehingga ketika dibuka kita seperti tidur di atas kasur yang diletakkan di lantai.

Sementara itu, model sofa bed yang lebih baru biasanya digunakan di rumah-rumah model minimalis, sehingga tampak lebih simpel. Sofa ini biasanya tanpa lengan dan hanya berupa satu matras lebar dan hampir berbentuk bujursangkar dengan ukuran kaki setinggi tempat tidur. Jika ingin menjadikannya sebagai tempat tidur, sandaran sofa ini tinggal direbahkan dan Anda pun sudah bisa tidur dengan nyaman.

Sofa bed cocok untuk rumah-rumah mungil dengan tempat terbatas. Namun, tentu akan sulit bila kita harus menyimpan kasur cadangan. Padahal, bukan mustahil kita menerima kunjungan kerabat yang terpaksa harus menginap. Nah, sofa bed inilah solusi praktisnya.

Sehari-hari, sofa bed bisa digunakan untuk menonton TV. Tapi, bila diperlukan sofa ini bisa digunakan untuk tambahan tempat tidur. Saat ini, sofa bed semakin mudah ditemui di toko-toko furnitur.

Adapun sofa bed impor model minimalis dari bahan kulit harganya mulai dari Rp 4-5 juta. Sementara untuk sofa bed dengan pelapis kain seperti sofa biasa, harganya mulai dari Rp 2 juta ke atas. (dek)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com