Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RS Carolus Serpong Diresmikan

Kompas.com - 20/07/2011, 13:40 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Bupati Tangerang Ismet Iskandar, Rabu (20/7/2011) pagi, meresmikan pembukaan Rumah Sakit Perempuan dan Anak St. Carolus di Gading Serpong, Tangerang.

Acara peresmian Rumah Sakit Perempuan dan Anak (RSPA) ditandai dengan pemotongan pita oleh Ismet Iskandar dan Sharif Benyamin selaku Direktur PT Summarecon Agung Tbk.

Dalam sambutannya, Ismet berpesan agar RSPA St. Carolus memberikan pelayanan sepenuhnya kepada masyarakat, termasuk masyarakat kurang mampu yang tinggal di lingkungan Gading Serpong dan sekitarnya.

"Semoga keberadaan rumah sakit ini dapat menjadi pendorong tolak ukur kesehatan di Kabupaten Tangerang. Saya berharap RS ini memberikan pelayanan juga kepada masyarakat tidak mampu di kampung tetangga," kata Ismet.

RSPA St. Carolus yang dibangun mulai pertengahan 2008 menempati lahan seluas 7.000 meter persegi di Jalan Gading Golf Boulevard, Kelurahan Pakulonan Barat, Kecamatan Pagedangan, Tangerang.

RS ini dikelola oleh PT Bhakti Karya Vita, perusahaan gabungan yang dibentuk oleh pelayanan kesehatan St. Carolus Jakarta dan PT Serpong Cipta Kreasi yang merupakan usaha dari PT Summarecon Agung Tbk. selaku pengembang perumahan di kawasan Gading Serpong.

Direktur PT Summarecon Agung Tbk. Sharif Benyamin mengatakan, RSPA St. Carolus dibangun untuk melayani kebutuhan layanan kesehatan bagi warga Serpong yang umumnya merupakan pasangan muda.

"Jadi mestinya perempuan bisa memeriksakan diri sejak sebelum menikah sampai setelah berkeluarga," kata Sharif.

RSPA St. Carolus terdiri dari lima lantai yang antara lain dilengkapi dengan 71 tempat tidur dan unit gawat darurat dengan 6 tempat tidur. Di dalamnya juga terdapat 20 unit poliklinik, di antaranya klinik paru, kulkit, penyakit dalam, THT, jantung, bedah, psikologi, mata, dan saraf.

"Khusus untuk UGD dan poliklinik melayani pria dan wanita. Selebihnya hanya untuk wanita dan anak, termasuk kamar inap," kata Sharif.

RS ini juga melayani kesehatan reproduksi, pelayanan kesehatan pranikah, deteksi dini tumor kandungan dan payudara, imunisasi anak dan dewasa, layanan ibu dan anak terpadu, klinik tumbuh kembang, dan sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com