Jumat, 31 Oktober 2014
KAMAR MANDI
Pakai Cuka dan Baking Soda, Noda Bandel Rontok!
Selasa, 19 Juli 2011 | 11:27 WIB
|
Share:
shutterstock
Untuk membersihkan kloset, hal pertama perlu dilakukan adalah membuat campuran cuka dan air. Masukkan campuran tersebut ke dalam botol spray dan semprotkan ke seluruh permukaan kloset.

KOMPAS.com - Cuka dan baking soda, bisa jadi penyelamat ketika tiba saatnya Anda membersihkan kamar mandi. Pakai bahan makanan ini, kotoran bandel pun dijamin rontok.

Membersihkan kamar mandi bukan perkara mudah. Apalagi, kalau acara bersih-bersih ini sudah berhadapan dengan noda membandel. Bisa jadi, Anda harus menghabiskan waktu berjam-jam membersihkannya.

Memang, untuk membersihkan kotoran ini kita dapat saja menggunakan zat pembersih kamar mandi. Beberapa zat pembersih itu mungkin handal untuk merontokkan kotoran. Namun, selain itu, zat pembersih ini juga berefek negatif, antara lain bersifat korosif, dapat melukai tubuh, dan gas yang ditimbulkannya juga berbahaya bagi pernafasan.

Beruntungnya, pembersih dari bahan makanan ternyata juga dapat dipergunakan demi hasil setara dan efek negatif lebih minim. Untuk itu, cukup siapkan cuka dan baking soda, karena dalam urusan membersihkan kamar mandi pun keduanya sangat bermanfaat. Berbagai piranti di kamar mandi, dapat dibersihkan oleh keduanya.

Kloset

Hal pertama perlu dilakukan adalah membuat campuran cuka dan air. Masukkan campuran tersebut ke dalam botol spray. Semprotkan ke seluruh permukaan kloset.

Diamkan beberapa saat, kemudian lap dengan kain atau spons lembut. Sebagai sentuhan akhir, siram bagian dalam kloset dengan cairan anti bakteri. Anda juga bisa mengganti cairan anti bakteri ini dengan cairan pemutih pakaian, yang sudah dilarutkan dengan air.

Showerhead

Campurkan cuka dan air dan masukkan larutannya ke dalam kantong plastik. Kemudian, masukkan showerhead ke dalam kantong plastik tadi, lalu ikat ujungnya dengan karet gelang.

Diamkan selama kurang lebih satu jam. Kemudian buang air campuran cuka. Biarkan air mengalir dari shower selama beberapa detik untuk membilas.

Langkah terakhir, keringkan permukaan shower dengan kain lap lembut. Cara ini dapat membersihkan showerhead dari kerak dan kotoran yang menempel. Cara ini juga juga dapat menghilangkan kotoran yang menyumbat lubang keluarnya air pada shower .

Bathtub

Membersihkan bathtub secara teratur memang bertujuan agar bak mandi ini tidak berubah warna. Tapi, bagaimana jika ada noda membandel dan sulit dibersihkan?

Seperti beberapa tips sebelumnya, Anda bisa mengggunakan cuka dan baking soda. Untuk kegiatan membersihkan biasa, gunakan campuran cuka dan air yang disemprotkan ke permukaan bathtub. Untuk menghilangkan noda membandel, taburkan baking soda bubuk di atas noda.

Diamkan beberapa saat, kemudian campur dengan cuka, gosok dengan spons atau sikat halus. Terakhir, segera bilas bathtub dengan air dan keringkan memakai kain lap.

(Anissa Q. Aini)

Sumber :
iDEA
Editor :
Latief