KOLAM
Nyaman dengan Kolam Ikan Minimalis
Penulis : Kun Agung Sumarmo | Kamis, 14 Juli 2011 | 17:32 WIB
|
Share:
shutterstock
Menghadirkan kolam ikan di rumah tentu memberikan suasana nyaman tersendiri meskipun harus kita sendiri yang membuatnya.

KOMPAS.com - Menciptakan suasana nyaman di rumah sebetulnya bukan perkara sulit. Banyak cara menciptakan rasa nyaman itu, salah satunya dengan kolam ikan.

Menghadirkan kolam ikan di rumah tentu memberikan suasana nyaman tersendiri meskipun harus kita sendiri yang membuatnya. Membuat kolam ikan minimalis di taman atau halaman belakang rumah, misalnya.

Sebetulnya, tidak sulit membuatnya. Untuk membuat kolam minimalis Anda hanya membutuhkan sedikit ketekunan dan kesabaran. Berikut tips dan cara praktis yang mungkin bisa Anda terapkan untuk membuat sendiri kolam ikan minimalis:

Posisi kolam

Cobalah memilih posisi yang tepat, yaitu dengan menyesuaikan tempat favorit Anda bersantai. Lokasi kolam ideal adalah di tempat yang cerah agar kolam tidak mudah ditumbuhi alga.

Selain itu, tempatkan posisi kolam jauh dari pohon yang daunnya mudah rontok. Ini agar kolam tidak cepat kotor.

Perlu Anda ingat, jangan menempatkan kolam di tanah yang mengandung banyak air seeperti daerah resapan. Hal tersebut akan mengganggu massa kolam itu sendiri.

Untuk mengetahuinya, galilah lubang kecil dengan kedalaman sesuai kolam yang direncanakan. Kemudian, Anda harus mencatat, air di dalamnya terakumulasi keluar atau tidak. Kalau ada, berarti lokasi tersebut tidak cocok untuk kolam.

Bentuk dan ukuran kolam

Kolam dapat dibentuk formal atau informal. Bentuk formalnya bisa dengan tampilan persegi, persegi panjang atau lingkaran, sedangkan informal dapat berupa bentuk yang Anda suka. Hanya, syaratnya adalah menghindari bentuk kurva atau patahan, serta inlet atau cekungan terlalu "tajam".


Editor :
Latief