Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kian Cantik dengan Batik

Kompas.com - 13/07/2011, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Sebagai ruang pertama yang akan terlihat di rumah, ruang tamu akan menunjukkan ciri dan sifat sang pemilik rumah. Ramah dan ceria adalah kesan yang pastinya ingin Anda tampilkan di ruang tamu, bukan?

Jangan bingung! Mari kita mencoba memanfaatkan kekayaan budaya lokal untuk "menyulap" ruang tamu seindah yang dibayangkan. Salah satu caranya adalah memanfaatkan batik sebagai pemanis ruangan agar selalu terlihat menarik.

Kain batik merupakan salah satu kelebihan terpendam dari bangsa Indonesia. Olahannya yang relatif rumit menggambarkan jalinan perbedaan yang diikat dalam sebuah komposisi keindahan yang manis.

Batik adalah salah satu bentuk bahasa visual yang indah dan selalu terselip makna di setiap warna dan motifnya. Tak heran, bila diterapkan di ruang tamu Anda, batik pun akan menyampaikan pesan yang berbeda di setiap tempat dan suasana.

Kalau tertarik, Anda bisa menempatkan ornamen-ornamen batik itu di dinding wallpaper pengganti cat, kain untuk taplak meja, kain untuk kursi, atau sarung bantal hingga ornamen lampu hias.

Mengapa serba batik? Karena ruangan ini merupakan ruang interaksi, ruang tempat berbagi cerita dan makna. Tentunya, wadah interaksi ini akan semakin bermakna dan inspiratif dengan aksen-aksen batik sebagai background ruang atau elemen ruang. Alhasil, selain membangun suasana akrab, menempatkan batik di ruang tamu pun, bisa menjadi cara jitu menghidupkan suasana.

Saat ini batik, telah menjadi tren baru bagi masyarakat sebagai bahan membuat sarung bantal, gordyn, dan seprei. Selain membuat ruang tamu terlihat manis, pemanfataan batik secara nyata akan sangat baik bagi pelestariannya di masa depan.

Anne Avantie (desainer Batik), pernah berkata, dengan menerapkan seni batik, berarti Anda telah mencintai, memunculkan handarbeni (rasa memiliki) dan nguri-uri (melestarikan) seni batik. Maka, kini saatnya Anda melestarikan batik di ruang tamu, tanpa bersusah-payah mencari cara, namun justru semakin menambah keindahan!

(M10-11/KUN AGUNG)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com