Kamis, 23 Oktober 2014
MENATA DAPUR
Pilah-pilih Ragam Model Dapur yang Cocok
Penulis : Natalia Ririh | Selasa, 12 Juli 2011 | 21:10 WIB
|
Share:
Dok ATT Design
Model "Island" ini semakin apik setelah ditambahkan meja di tengah ruangan. Meja ini akan berfungsi sebagai tempat menyajikan makanan sekaligus ruang makan.

KOMPAS.com - Berkat beragam program kuliner di televisi dan seri memasak, keberadaan dapur saat ini terus bergeser. Dapur bukan lagi menjadi area yang enggan dilirik, namun malah menjadi salah satu tempat favorit menyiapkan makanan sumber gizi bagi seluruh keluarga.

Mungkin, di antara Anda, dalam waktu dekat ini hendak merenovasi dapur, karena terinspirasi dapur-dapur cantik dalam program memasak di televisi. Namun, jangan dulu terburu-buru, karena bisa jadi luasan dapur Anda kurang tepat untuk dibentuk sedemikian rupa seperti di televisi. Ada baiknya, Anda mengenali lebih dulu beberapa bentuk dapur seperti berikut ini; 

Single Line

Dapur dengan model ini membentuk satu garis lurus, yaitu antara dapur kotor (tempat kegiatan memasak, dari mengolah bahan mentah sampai makanan siap saji) dan dapur bersih (tempat untuk kegiatan memasak sederhana, biasanya untuk keluarga modern) bisa menjadi satu ruangan.

Jenis dapur seperti ini biasanya cocok diterapkan pada apartemen atau rumah yang memiliki luas memanjang namun tidak terlalu lebar. Tak heran, dapur model ini dapat menghemat tempat di rumah yang sempit.

Double Line

Dapur model ini akan menempatkan dapur kotor dan dapur bersih pada dua sisi berlawanan. Dengan dipisahkan keduanya, aktivitas memasak yang berbeda tetap bisa dilakukan di area dapur dengan model ini.

Bagi yang ingin menerapkan, Double Line cocok untuk rumah-rumah dengan bentuk memanjang.

Dapur "L"

Model dapur ini biasanya diterapkan pada rumah dengan area dapur terbatas. Bentuk "L" itu dengan sendirinya dapat memisahkan posisi dapur kotor dan dapur bersih, tergantung Anda menyukai sisi mana.

Dapur "U"

Model "U" biasanya memakai tiga sisi atau dua sisi dinding, kemudian ditambah mini bar di bagian atau sisi ketiganya. Model ini biasanya di ruangan yang cukup luas dan prosi kegiatan memasaknya lebih kompleks.

Tak hanya tempat memasak, dapur ini juga bisa dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan, seperti menyimpan alat-alat memasak yang jarang terpakai.

Island

Model dapur ini membawa kesan ekskusif di area rumah yang luas. Peralatan dapur seperti kompor, oven, atau cooker hand bisa disimpan terpisah dari perangkat dapur lainnya.

Bagi yang tertarik, model ini akan semakin apik setelah ditambahkan meja di tengah ruangan. Meja ini akan berfungsi sebagai tempat menyajikan makanan sekaligus ruang makan. Tak jarang, kadang aktivitas kerja juga bisa dilakukan di sini jika sedang bosan di ruang kerja.


Editor :
Latief