Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Menata Dapur Hemat Tempat!

Kompas.com - 11/07/2011, 16:11 WIB

KOMPAS.com - Semakin terbatasnya lahan tempat tinggal di tengah kota dewasa ini memungkinkan bertumbuhnya banyak apartemen serta rumah dengan ukuran minimalis. Dengan ukuran minimalis, memaksimalkan ruang yang terbatas dalam hunian perlu dilakukan. Salah satu caranya melalui konsep multifungsi ruang.

Caranya, siapkan alat pengukur atau meteran, penyekat ruang dan furnitur Anda. Pertama, manfaatkan furnitur yang ada sebagai penyekat ruang. Hitung ukuran perabot yang hendak dijadikan penyekat, agar sesuai dengan zona dapur.

Cukup letakkan rak panjang dengan tinggi sekitar sepinggang orang dewasa, meja dan bangku. Rak ini untuk menyimpan peralatan makan sekaligus meja penyajian.

Kedua, bila Anda ingin memisahkan zona dapur dengan ruang lainnya, bermainlah dengan warna-warna dinding dan koleksi furnitur Anda.

Bedakan warna dinding dapur dengan warna ruang lain. Kuning, hijau, oranye, merah, atau warna-warna cerah lainnya bisa ditorehkan pada dinding dapur. Pasalnya, menurut teori psikologi warna, pemulihan warna-warna cerah bisa membuat kesan hangat dan secara implisit dapat meningkatkan selera makan.

Kemudian, bila ingin memisahkan dengan furnitur yang ada, tempatkan akuarium, rak buku yang fungsinya sebagai penyekat. Pilihan lainnya, Anda bisa memanfaatkan gorden atau tirai berwarna atau bermotif cerah.

Terakhir, seimbangkan ukuran perabot dengan luas dapur. Jika selama ini Anda terbiasa memakai meja makan berbentuk kotak, bentuk ini dapat membuat area bertambah sempit.

Cobalah menempatkan meja oval atau bulat dan sesuaikan bentuk dan jumlah kursi dengan ruangan yang ada. Bila perlu, tempatkan rak gantung untuk menyimpan perkakas dapur, sehingga ruang dapur bisa berfungsi maksimal.

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com