Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas... "Rahasia" Anda Terungkap di Kamar Mandi!

Kompas.com - 14/06/2011, 20:46 WIB

KOMPAS.com - Kamar mandi merupakan salah satu ruang yang keberadaannya cukup penting di dalam rumah. Karena selain sebagai tempat membersihkan diri, kamar mandi juga untuk berhias diri, bahkan tak jarang bisa menjadi tempat untuk memanjakan diri.

Tapi, tahukah bahwa ruangan ini bisa menjadi indikator tingkat kebersihan seseorang? Percaya atau tidak, hal ini kerap dibuktikan oleh desain interior Anies Walsh dari ATT Design.

"Kalau Anda mau tahu kebersihan seseorang, cek kamar mandinya. Seseorang yang peduli dengan kebersihan rumahnya bisa dilihat dengan kebersihan di kamar mandi," katanya.

Menurut Anies, terbiasa menjaga kebersihan kamar mandi seperti halnya kebiasaan seseorang yang peduli dengan kebersihan tempat tinggalnya. Bisa saja, ketika mengetahui akan kedatangan tamu, barulah rumah dibersihkan sehingga tetap terkesan bersih dan nyaman dikunjungi.

Namun demikian, tingkat kebersihan seseorang bukanlah sesuatu yang tidak bisa diubah. Asalkan ada kemauan, semua pasti ada jalan.

"Kebersihan itu seperti keterampilan, bukan kepribadian, sehingga bisa dirubah lewat kebiasaan baik yang dilatih sejak dini," ujarnya.

Kebiasaan baik pada kamar mandi itu, kata Anies, sebetulnya mudah dan sederhana. Satu persatu bisa dikerjakan secara berkala, seperti selalu merawat kloset, merawat keran air, membersihkan lubang air dari kotoran, menyikat pojok lantai kamar mandi yang biasanya kotor karena sabun, dan membereskan perlengkapan mandi di tempatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com