Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Syariah Terus Buru Pembiayaan KPR

Kompas.com - 13/06/2011, 13:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Syariah kian menekuni pembiayaan konsumsi. Bank Syariah Mandiri (BSM), misalnya, mulai menggarap pembiayaan yang penuh pesona manis tersebut tahun ini.

Anak perusahaan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) tersebut menawarkan pembiayaan pemilikan rumah atau KPR dan pembiayaan kepemilikan mobil. BSM menargetkan pembiayaan di sektor konsumer bisa mencapai Rp 1,5 triliun.

"Kami masih baru masuk ke layanan pinjaman rumah dan kendaraan bermotor, jadi targetnya masih kecil sekitar 5 % dari total portfolio kami sekitar Rp 30 triliun. Kalau tahun depan ingin kami tingkatkan 10 % dari total portfolio," kata Direktur Pembiayaan Kecil dan Mikro BSM Hanawijaya, Minggu (12/6/2011).

Dari seluruh target tersebut, sekitar Rp 1 triliun akan dicapai melalui pola kerjasama dengan perusahaan multifinance sedangkan Rp 500 triliun akan disalurkan secara langsung. Untuk mobil, pihaknya masih maksimalkan kerjasama dengan grup, yaitu Mandiri Tunas Finance.

"Kalau saat ini sudah ada sekitar 15 multifinance yang kerjasama dengan kami," tuturnya.

Hanawijawa bilang, layanan pembiayaan rumah dan mobil tersebut baru tersedia di Jakarta, Bandung dan Surabaya. Hingga Mei 2011, total pembiayaan KPR dan pembiayaan mobil mencapai Rp 165 miliar.

"Sekitar 95 % masih rumah dan sisanya di mobil," katanya. (Wahyu Satriani)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com