Minggu, 26 Oktober 2014
KOLAM
Air Terjun "Gantung", Layak Dicoba Sensasinya!
Jumat, 10 Juni 2011 | 12:20 WIB
|
Share:
Indra Zaka Permana/iDEA Online
Air terjun ini terlihat seperti mata air yang keluar dari padatnya beton berukuran 300 cm x 30 cm x 20 cm.

KOMPAS.com -  Tahukah Anda, bahwa kejenuhan seringkali datang saat kita selalu berkutat pada hal-hal yang standar. Air mancur gantung, benar-benar bisa jadi solusi penghilang jenuh di rumah ini.

Menikmati teh di sore hari, menerima tamu, atau menikmati penganan buatan istri, adalah salah satu bentuk aktivitas yang berkualitas. Kualitas itu harus terwadahi pula dalam ruang-ruang dengan elemen penyusun ruang yang juga berkualitas.

Itulah kualitas yang dimiliki oleh Angga Prasetya, si pemilik rumah ini. Angga seringkali menghabiskan waktu di ruang makan yang berada di balik jendela samping kolam mini.

Kolam ini berfungsi sebagai "pendingin" aliran udara yang masuk ke rumah, juga memiliki fungsi visual sebagai penghilang kejenuhan. Kolam berada di samping innercourt berukuran 4 m x 6 m di bagian tengah rumah. ­­ ­

Ada hal unik terlihat dari kolam ini, yaitu air terjun yang keluar dari balok yang menggantung. Air terjun ini terlihat seperti mata air yang keluar dari padatnya beton berukuran 300 cm x 30 cm x 20 cm.

Komposisi menggantung ini sebenarnya juga terdapat di bagian ruang makan, tepatnya pada mejanya. Meja makan tergantung pada balok di bagian atas jendela. Jadi konsep ini masih menjadi satu ikatan dengan konsep air terjun yang berada di taman.

Inilah konsep yang ditawarkan oleh Faizal Syamsalam, arsitek dari rumah ini. Bermain dengan komposisi melayang dan menggantung, adalah sensasi bagi visual sebuah ruangan. Layak untuk Anda coba!

(Oleh: Indra Zaka Permana)

Sumber :
iDEA
Editor :
Latief