Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Batam Minta REI Sediakan Lahan untuk Sekolah

Kompas.com - 22/05/2011, 12:00 WIB

BATAM, KOMPAS.com -  Pemerintah Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, meminta pengembang perumahan di bawah naungan Real Estate Indonesia atau REI daerah ini menyediakan sebagian lahan untuk dibangun gedung sekolah oleh pemerintah.

"Selama ini Pemerintah Kota Batam kesulitan membangun sekolah karena terkendala lahan. Jadi, kami bekerja sama dengan REI Batam," kata Wali Kota Batam Ahmad Dahlan, di Batam, Sabtu. "Sebagai pengembang tentu saja orientasi mereka bisnis, jadi perlu diberikan pengertian tentang hal ini," katanya.

Di tanah tersebut, kata Dahlan, pemerintah yang akan membangun sekolah. "Kami hanya meminta penyediaan tanah, yang membangun tetap pemerintah. Kecuali, mereka memang berencana membangun sekolah sendiri," katanya. 

Dahlan juga mengaku telah melakukan pembicaraan dengan Badan Pengusahaan (BP) Batam agar tanah yang dialokasikan bebas biaya sewa pakai atau uang wajib tahunan otorita (UWTO).

Selama ini, apabila ingin membangun fasilitas umum termasuk sekolah, Pemerintah Kota Batam harus mengajukan permintaan lahan pada BP Batam selaku pengelola tanah di Batam.

"Saat ini tanah BP Batam semakin terbatas. Kalaupun kami mendapatkan alokasi lahan, sering tidak sesuai untuk dibangun sekolah karena jauh dari pemukiman atau tidak matang sehingga pemerintah perlu biaya besar untuk mempersiapkannya," ucapnya.

Dewasa ini, siswa sekolah dasar dan sebagian sekolah menengah pertama di Batam harus masuk sekolah bergantian pagi dan siang karena jumlah anak usia sekolah dengan gedung sekolah, belum seimbang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com