Rabu, 17 September 2014
Tips Mempercantik Teras Depan Rumah
Penulis : Natalia Ririh | Jumat, 20 Mei 2011 | 13:15 WIB
|
Share:
iDEA/ Richard Salampessy
Teras rumah bisa berfungsi sebagai ruang pamer barang antik. Lokasi: Rumah A. Rachim dan Eny, Cibinong, Bogor
TERKAIT:

KOMPAS. com - Untuk Anda yang acapkali menerima tamu di teras depan rumah, sesekali mempercantik area ini tak ada salahnya. Kalau teras jadi cantik, acara menyambut tamu pun menjadi menyenangkan.

Sebelum mempercantik teras, Anda perlu melihat penempatannya terlebih dahulu. Teras rumah yang terletak di belakang dan samping rumah akan berbeda dengan teras yang berada di depan pintu rumah.

Dewasa ini, teras di depan rumah lebih formal, ini dikarenakan pergeseran fungsi teras depan. Dulu bisa Anda lihat, misalnya teras depan rumah masyarakat Betawi dibuat begitu luas. Namun, kecenderungan masyarakat kota yang menginginkan privasi menempatkan teras di bagian belakang rumah atau samping.

Perkembangan lainnya, teras depan rumah bergeser ke ruang penerima tamu di dalam rumah bernama Foyer. Foyer sebagai area transisi menuju ruang tamu sudah banyak contohnya didesain menarik. Misalnya dengan menggunakan material kayu, permainan warna di dinding, atau memakai material batu merah. Foyer banyak dijumpai di bangunan apartemen, sementara teras masih banyak dijumpai pada hunian perumahan.

Untuk mempercantik teras rumah yang ada di depan rumah, Anda bisa menempatkan meja dan kursi dari material yang ringan, kemudian ditambah dengan sentuhan tanaman bunga dalam pot yang digantung. Atau tempatkan tanaman hias atau tanaman-tanaman perdu di sisi luar teras.

Jika senang dengan material kayu, coba kursi unik dari kayu bantalan kereta api. Bentuk kursi yang memanjang cukup untuk memenuhi teras. Motif kayu bantalan kereta api yang unik dipadu dengan bantal-bantal kursi bisa membuat tamu betah menunggu di teras rumah.

Bisa juga Anda menempatkan meja kursi dengan paduan warna-warna yang dikontraskan agar menarik perhatian, misalnya meja berwarna hitam dengan dua kursi berwarna putih. Perhatikan warna furnitur nya, pilihlah yang tahan terhadap cuaca.

Selamat mempercantik teras depan rumah Anda! (Dari berbagai sumber/ Natalia Ririh)

 


Editor :
Robert Adhi Kusumaputra